Pelaku Paedofil Berkeliaran, Ortu Harus Waspada

Jum'at, 22 Agustus 2014 - 19:33 WIB
Pelaku Paedofil Berkeliaran, Ortu Harus Waspada
Pelaku Paedofil Berkeliaran, Ortu Harus Waspada
A A A
SEMARANG - Psikolog Universitas Diponegoro (Undip) Semarang M Akung mengingatkan masyarakat khususnya orangtua lebih waspada dalam pengawasan terhadap anak-anaknya. Sebab saat ini, banyak pelaku kejahatan seksual yang seolah tidak nampak.

Menurut Akung, kasus pelecehan seksual terhadap sembilan bocah di Semarang yang diduga dilakukan Az, bisa jadi dilakukan karena yang bersangkutan seorang paedofil. "Pelakunya bisa dikatakan seorang paedofil. Penyebabnya banyak faktor, bisa jadi itu kurang mendapatkan kepuasan seks dari pasangannya atau karena hiperseks," ujarnya, Jumat (22/8/2014).

Melihat banyaknya korban, Akung berharap pelaku dihukum setimpal. Sebab, yang dilakukan pelaku dapat mengancam masa depan anak-anak yang tidak berdosa itu. "Harus dihukum seberat-beratnya. Karena akibat dari perlakuannya itu dapat membuat korbannya trauma bahkan hingga akhir hayat," tegasnya.

Akung menambahkan, banyak pelaku seperti Az ini yang berkeliaran. "Mereka seolah-olah penyayang kepada anak-anak padahal mereka predator. Orangtua harus selalu waspada dan jangan lengah sama sekali. Kasus ini harus menjadi pelajaran semua orangtua," pungkasnya.

Sementara, pihak kepolisian akan segera melakukan penyelidikan terhadap Az (39). Beberapa saksi telah didatangkan untuk proses penyelidikan itu. "Pasti akan kami selidiki kasus ini, saksi-saksi sudah kami periksa," kata Kasat Reskrim Polrestabes Semarang AKBP Wika Hardianto saat dikonfirmasi, Jumat (22/8).

Wika menambahkan, pihaknya menduga masih ada korban lain dari pelaku ini. Untuk itu, pihaknya mengimbau masyarakat yang anaknya menjadi korban agar segera melapor. "Bisa jadi korban akan bertambah. Kami masih menunggu laporan dari korban lainnya."

Diberitakan sebelumnya, sebanyak sembilan bocah di Kecamatan Candisari, Semarang dikabarkan menjadi korban pelecehan seksual. Pelakunya diduga seorang paedofilia atau orang yang mempunyai selera seksual terhadap anak kecil.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8151 seconds (0.1#10.140)