6 Kapal Terbakar di Bali, Pertamina Antisipasi Tumpahan Minyak

Rabu, 06 Agustus 2014 - 19:20 WIB
6 Kapal Terbakar di Bali, Pertamina Antisipasi Tumpahan Minyak
6 Kapal Terbakar di Bali, Pertamina Antisipasi Tumpahan Minyak
A A A
DENPASAR - Dari pemantauan petugas, belum ditemukan adanya tumpahan BBM pascainsiden terbakarnya enam kapal penangkap ikan di perairan sekitar Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali, siang tadi. Padahal, saat kejadian semua kapal dalam kondisi mengangkut penuh BBM sebelum melaut.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Orotitas Pelabuhan Benoa (KSOP) Widodo Eko menuturkan, hingga kini, tak ada tumpahan minyak ke laut. Namun pihaknya telah berkoordinasi dengan Pertamina untuk mengantisipasi tumpahan minyak di laut yang dikhawatirkan menyebabkan meluasnya kebakaran.

"Tidak ada tumpahan minyak dan kami sudah minta Pertamina membantu melokalisir dengan oil boom," kata Eko, Rabu (6/8/2014).

Pihak Pertamina menyatakan kesiapannya untuk mengantisipasi jika ada tumpahan minyak agar tidak sampai meluas.

Terkait peristiwa kebakaran kapal, Widodo menyebutkan, dari keterangan didapat bahwa kapal terbakar sekitar pukul 12.30 WITA. Informasi sebelumnya, pukul 11.30 WITA. Pihaknya langsung berkoordinasi dengan pemadam kebakaran, Basarnas, Direktorat Polair Polda Bali, TNI AL, dan unsur terkait lainnya untuk pengamanan, evakuasi, dan pemadaman enam kapal nahas itu.

Proses pemadaman sempat menemui kendala cuaca angin yang bertiup kencang. Petugas SAR menerjunkan sekoci untuk membantu pemadaman dan evakuasi. Keenam kapal tersebut, awalnya berjejer berkelompok. Namun, saat terbakar kemudian terpisah. Kemungkinan tali jangkarnya putus ke arah ke barat dan selatan.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4078 seconds (0.1#10.140)