Terminal Bahurekso Beroperasi Akhir Tahun 2014

Selasa, 15 Juli 2014 - 13:29 WIB
Terminal Bahurekso Beroperasi...
Terminal Bahurekso Beroperasi Akhir Tahun 2014
A A A
KENDAL - Terminal Bahurekso di Kabupaten Kendal belum bisa beroperasi menjelang arus mudik Lebaran tahun ini. Hal tersebut dikhawatirkan akan menimbulkan kemacetan mengingat padatnya arus lalu lintas.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kendal Subarso mengatakan, hingga kini Terminal Bahurekso memang belum bisa beroperasi. Sebab, pembahasan peraturan daerah (perda) yang berisi regulasi optimalisasi terminal utama Kabupaten Kendal ini belum selesai. "Arus mudik tahun ini, Terminal Bahurekso belum beroperasi," ujarnya, Selasa (15/7/2014).

Kendati demikian, pihaknya berencana mengoptimalkan Terminal Bahurekso saat arus balik tahun ini. "Hasil rapat yang kami lakukan, Terminal Bahurekso akan kami fungsikan untuk menaikkan penumpang pada arus balik pasca Lebaran nanti, terutama bagi jurusan antarkota antarprovinsi," lanjutnya.

Untuk mengantisipasi kemacetan yang disebabkan oleh kemungkinan adanya kendaraan yang menaik-turunkan penumpang di sembarang tempat, pihaknya akan mendirikan enam posko mudik Lebaran. Salah satunya didirikan di sekitar Terminal Bahurekso.

"Dimungkinkan kalau ada bus dan kendaraan transportasi lain yang menurunkan dan menaikkan penumpang sembarangan akan mengakibatkan macet. Tapi kami akan mengontrol lewat posko-posko mudik yang kami dirikan," paparnya.

Pihaknya berjanji Terminal Bahurekso mulai beroperasi pada akhir 2014 ini. Saat ini pihaknya sudah bekerja sama dengan paguyuban sopir dan pengusaha untuk optimalisasi Terminal Bahurekso. "Untuk Terminal Bahurekso masih kami godok perda-nya. Setelah itu kami akan membahas rute armada. Targetnya di 2014 ini Terminal Bahurekso siap operasi," imbuhnya.

Menurutnya, optimalisasi terminal akan menuntut penataan pada aspek-spek lain seperti rambu-rambu lalu lintas dan traffic light. Saat ini, kendala yang dihadapi Dishub adalah pesatnya pertambahan jumlah kendaraan di jalan. "Sejauh ini kami sudah bekerja sama dengan paguyuban sopir dan pengusaha untuk optimalisasi Terminal Bahurekso. Sedangkan untuk sosialisasi kepada sopir di eks Terminal Weleri, kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Kendal," terang Subarso.

Sebelumnya, Bupati Kendal Widya Kandi Susanti meminta supaya Terminal Bahurekso dapat segera beroperasi. Sebab, hal tersebut selain mengurangi kemacetan di Pasar Weleri, juga akan membuka pusat keramaian baru sebagai pusat perekonomian. "Oleh karena itu, saya meminta kepada Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kendal supaya bertindak cepat dalam mengoperasikan Terminal Bahurekso,” tandasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9695 seconds (0.1#10.140)