Warga Keluhkan Pelayanan Puskesmas Bantimurung

Senin, 23 Juni 2014 - 04:08 WIB
Warga Keluhkan Pelayanan Puskesmas Bantimurung
Warga Keluhkan Pelayanan Puskesmas Bantimurung
A A A
MAROS - Warga Kecamatan Bantimurung kembali mengeluhkan pelayanan Puskesmas Bantimurung. Penyebabnya karena, dokter dan perawat kerap datang ke puskesmas tidak tepat waktu.

Perawat puskesmas kerap datang pada pukul 09.00 Wita. Hal yang sama pun juga dilakukan oleh dokter.

Tenaga dokter kerap datang pukul 11.00 Wita. Padahal jadwal pelayanan puskesmas pukul 08.00 Wita. Sementara pemeriksaan pasien biasanya dilakukan hanya sampai pukul 12.00 Wita saja.

Menurut Wakil Ketua Umum PP Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa Indonesia (HPPMI) Maros, Supardi, umumnya warga mengeluhkan tentang lambatnya dokter yang datang memeriksa pasien.

Supardi meminta Kepala Puskesmas Bantimurung untuk menegur para dokter yang kerap datang terlambat untuk memeriksa pasiennya.

"Bagaimana kalau ada pasien yang gawat sedangkan perawat dan dokter datang terlambat, dan ini kerap terjadi berdasarkan keluhan masyarakat. Semoga perilaku keduanya dapat diubah sebelum ada korban," katanya, Minggu (22/6/2014).

Supardi menuturkan, seharusnya, sebagai puskesmas induk di Kecamatan Bantimurung, pelayanan harus lebih ditingkatkan.

Apa lagi warga bergantung pada pengobatan yang diberikan para tenaga kesehatan di puskesmas yang berada di jalan poros tersebut.

Catatan wartawan, puskesmas ini akan dibangun lagi dari Dana Alokasi Khusus tahun 2014 senilai Rp800 juta, setelah sebelumnya juga telah dibangun pada 2011 senilai Rp400 juta.

Supardi menambahkan sepatutnya pembangunan dengan konsep yang matang tersebut dibarengi dengan pelayanan maksimal bagi masyarakat. Apalagi puskesmas ini sudah melayani masyarakat yang harus dirawat inap.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Maros, Firman Jaya mengatakan, akan menampung keluhan masyarakat.
Dia mengatakan, Puskesmas Bantimurung sejatinya memiliki tiga dokter. Terdiri atas Kepala Puskesmas sendiri, satu dokter yang diperbantukan dari Puskesmas Tompobulu dan seorang lagi yang berdomisili di Makassar. Sehingga jika ada dokter yang terlambat patut dimaklumi.

"Jika dua dokter lainnya belum datang, kepala puskesmas (kapus) sendiri yang turun melayani pasien. Kapus tersebut setiap harinya datang tepat waktu karena dia domisi di sekitar Bantimurung. Jadi sebelum dokter poli datang, dia yang melayani pasien," jelasnya.

Dia menambahkan pelayanan untuk pasien rawat jalan hanya sampai pukul 12.00 Wita. Namun untuk perawatan bagi pasien rawat inap berlaku sampai 24 jam.

Bagi perawat yang kerap datang terlambat, dia mengaku akan menegur dan lebih memperketat lagi kedisiplinan mereka.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4240 seconds (0.1#10.140)