UN SMP, Siswa Pedalaman Kaltim Raih Hasil Sempurna

Jum'at, 13 Juni 2014 - 23:00 WIB
UN SMP, Siswa Pedalaman...
UN SMP, Siswa Pedalaman Kaltim Raih Hasil Sempurna
A A A
SENDAWAR - Meski penuh dengan keterbatasan akses informasi, siswa SMP di pedalaman Kalimantan Timur (Kaltim) mampu meraih prestasi dalam Ujian Nasional (UN) mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Tercatat, ada dua sekolah yang meraih nilai sempurna yakni SMP Negeri 12 Sendawar dan SMP Negeri 43 Sendawar. Kedua sekolah ini berada di kawasan hulu Sungai Mahakam. "Pada UN SMP tahun lalu, sekolah di Kabupaten ini nilainya jeblok. Mereka kemudian berbenah dan tahun ini terlihat hasilnya," kata Kepala Dinas Pendidikan Kaltim Musyahrim, Jumat (13/6/2014).

Dia menjelaskan, faktor yang menurutnya membuat siswa di Sendawar meraih nilai sempurna pada mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah bahasa daerah. Di Sendawar, kebanyakan siswa masih menggunakan bahasa daerah sebagai dialog sehari-hari. Sehingga mereka kemudian mempelajari Bahasa Indonesia dengan sungguh-sungguh untuk komunikasi dengan masyarakat lain.

"Keseharian mereka menggunakan bahasa daerah, Bahasa Dayak. Jadi pelajaran Bahasa Indonesia dipelajari dengan seksama, sehingga meraih hasil maksimal di mata pelajaran ini," tambahnya.

Seluruh soal yang diujikan dibuat di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Siswa di pedalaman mampu memahami maksud soal dan menjawabnya dengan benar. "Dalam satu kelas ada 20 siswa dengan 20 soal yang berbeda. Jadi sulit untuk melakukan tindakan curang," katanya.

Selain meraih nilai sempurna di Bahasa Indonesia, siswa asal Sendawar juga meraih hasil sempurna di mata pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris. Hanya pelajaran IPA yang mereka tak mendapat nilai sempurna. Sementara, untuk nilai mata pelajaran Matematika, siswa SMP dari Balikpapan sangat mendominasi. Dari 59 siswa yang mendapat nilai 10, sebanyak 32 siswa asal Kota Minyak yang meraihnya. Mata Pelajaran IPA dan Bahasa Inggris, peraih nilai 10 terlihat merata.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1179 seconds (0.1#10.140)