Tukang Becak Ini Bangga Anaknya Jadi Wisudawan Terbaik

Rabu, 11 Juni 2014 - 14:30 WIB
Tukang Becak Ini Bangga Anaknya Jadi Wisudawan Terbaik
Tukang Becak Ini Bangga Anaknya Jadi Wisudawan Terbaik
A A A
SEORANG tukang becak di Kendal, Jawa Tengah, Mugiyono, patut berbangga. Sebab, putrinya yang kuliah di Universitas Negeri Semarang (Unnes) menjadi wisudawan terbaik.

Mugiyono yang tinggal di Gang Apel RT 1 RW 2, Kelurahan Langenharjo, Kecamatan Kendal, menghidupi keluarganya dari bekerja keras menarik becak. Meski penghasilannya tidak tetap, suami Sujamah ini bangga dengan keberhasilan anak keduanya, Raeni, menjadi wisudawan terbaik di Unnes dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,96.

Mugiyono bangga anaknya tidak minder dengan pekerjaan ayahnya yang hanya menjadi tukang becak. Bahkan, saat wisuda di Semarang, Raeni meminta diantar dengan menggunakan becak yang setiap hari digunakan ayahnya untuk mencari nafkah.

Becak tidak dinaiki dari Kendal hingga ke Kampus Unnes, namun ditumpangi dari rumah kos anaknnya yang berjarak satu kilometer dari kampus. Mugiyono mengaku, mengantarkan anak dengan becak yang digunakan untuk mencari nafkah menjadi dorongan bagi mahasiswa lain bahwa biaya bukan kendala, asalkan anaknya rajin bisa meraih hasil yang baik.

Sementara, Ibu Raeni, Sujamah, terharu dan tidak kuasa menahan sedih anaknya mempunyai semangat tinggi untuk meraih pendidikan yang tinggi. "Padahal, awalnya anak saya tidak mau kuliah jika tidak mendapatkan beasiswa," kata Sujamah.

Namun, karena sang ayah meyakinkan bahwa Raeni harus kuliah, yang bersangkutan menuruti keinginan ayahnya. Dan, selama kuliah, Raeni beberapa kali mendapatkan beasiswa.

Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari dan biaya kuliah Raeni, selain menjadi tukang becak, Mugiyono mencari penghasilan lain dengan menjadi penjaga malam di SMK Negeri 1 Kendal. Penghasilan sebagai penjaga malam sebesar Rp450 ribu bisa menutupi kebutuhan sehari-hari keluarganya dan biaya hidup anaknya saat menempuh pendidikan di Fakultas Ekonomi Unnes.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7895 seconds (0.1#10.140)