Bandara di Kaltim Aktifkan Pemindai Suhu Tubuh

Sabtu, 31 Mei 2014 - 14:07 WIB
Bandara di Kaltim Aktifkan Pemindai Suhu Tubuh
Bandara di Kaltim Aktifkan Pemindai Suhu Tubuh
A A A
SAMARINDA - - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) terus berupaya mencegah penyebaran virus Middle East Respiratory Syndrome (MERS) atau sindrom pernapasan Timur Tengah. Selain menyiapkan tiga rumah sakit untuk penanganan pasien virus ini, Pemprov Kaltim juga mengaktifkan tiga unit pemindai suhu tubuh di bandar udara (bandara).

Kepala Dinas Kesehatan Kaltim Rini Retno Sukesi mengatakan, pemindai panas itu diletakkan di Bandara Sepinggan Balikpapan dan Bandara Temindung Samarinda. Selain itu, satu unit pemindai panas juga dipasang di Bandara Juwata Tarakan, Kalimantan Utara.

Alat pemindai panas ini sebelumnya digunakan untuk mendeteksi virus flu burung yang bisa digunakan mengidentifikasi virus MERS. "Tiga bandara ini merupakan pintu masuk bagi jemaah haji umrah saat tiba ke Kaltim. Sehingga kalau memang terdeteksi MERS ada tindakan lanjutan dari tim dokter di tiga bandara tersebut," kata Rini, Sabtu (31/5/2014).

Rini menambahkan, setelah menjalani scan di pemindai panas, jemaah dicek di klinik untuk diperiksa kemungkinan terjangkit MERS atau tidak. "Kalau terjangkit langsung diberikan rekomendasi ke rumah sakit untuk dilakukan pengobatan," pungkasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7126 seconds (0.1#10.140)