Bupati Lebak Hidupkan Ribuan Lahan Tidur

Jum'at, 30 Mei 2014 - 15:43 WIB
Bupati Lebak Hidupkan...
Bupati Lebak Hidupkan Ribuan Lahan Tidur
A A A
LEBAK - Ribuan hektare lahan tidur yang ada di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, akan dialihfungsikan menjadi pertanian produktif. Pasalnya kini Provinsi Banten dijadikan lumbung padi untuk memperkuat kedaulatan pangan nasional.

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya menyatakan, kesiapannya untuk membuka lahan tidur di daerah yang baru dipimpinnya itu untuk membantu Badan Urusan Logistik (Bulog) mewujudkan daerah Banten berdaulat pangan.

"Kita siap membantu dan sangat mendukung sekali upaya pemerintah, agar pasokan pangan nasional bisa stabil," katanya kepada wartawan, Jumat (30/5/2014).

Iti menambahkan, Kabupaten Lebak setiap tahunnya mengalami kelebihan jumlah beras. "Kita akan berkordinasi dengan dinas pertanian, agar memaksimalkan lahan yang sudah difungsikan, terlebih lagi Lebak selama ini sudah mengalami surplus beras," terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lebak Dede Supriyatna mengatakan, pihaknya akan menginventarisir jumlah lahan yang siap digunakan. "Ada sekiatar 4.750 ribu hektare lahan sawah yang siap difungsikan, termasuk 24 ribu hektare sawah tadah hujan," ungkapnya.

Untuk merealisasikannya, dinas pertanian akan meningkatkan secara maksimal pengolahannya melalui perbaikan insfraktuktur pengairannya. "Kita akan mensosialisasikan kepada masyarakat program bulog ini," jelasnya.

Terpisah, Kepala Bulog Sub Drive Lebak Herman Sadiq mengatakan, semua program ini dilakukannya supaya ketersediaan pangan di masayarakat tetap terjaga. "Program ini agar harga hasil pertanian di pasaran tetap stabil," pungkasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0827 seconds (0.1#10.140)