Curah Hujan Tinggi, 4 Kecamatan di Wajo Kebanjiran

Senin, 26 Mei 2014 - 14:57 WIB
Curah Hujan Tinggi, 4 Kecamatan di Wajo Kebanjiran
Curah Hujan Tinggi, 4 Kecamatan di Wajo Kebanjiran
A A A
SENGKANG - Tingginya intensitas hujan di Kabupaten Wajo dalam beberapa hari terakhir, membuat beberapa daerah di empat kecamatan, di Kabupaten Wajo, mulai terendam banjir. Ratusan hektare persawahan warga, pun mulai terendam.

Ke empat kecamatan tersebut, yakni Kecamatan Tempe, Pammana, Belawa, dan Sabbangparu. Khusus di Kecamatan Pammana, tepatnya di Desa Pallawarukka, Jalan Poros Bone-Wajo yang merupakan jalan nasional terendam banjir sepanjang 25 meter dengan ketinggian sampai 30 cm, hal ini menyebakan kondisi lalulintas di daerah tersebut terganggu.

"Meski terendam, kami harus terobos, karena tempat kerja kami di Bone. Kondisi air saat ini sudah agak menurun, dibandingkan dengan ahad lalu. Kemarin, lebih tingi lagi," ujar salah seorang warga Wajo, Amri kepada wartawan, Senin (26/5/2014).

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulagan Bencana Daerah (BPBD), Kabupaten Wajo, mulai kemarin, menetapkan status siaga bencana di Kabupaten Wajo. "Mulai hari ini, melihat curah hujan yang tinggi, kami menetapkan status siaga bencana di Wajo," sambung Kepala BPBD Alamsyah.

Ditambahkan dia, beberapa daerah yang rawan banjir berada di Kecamatan Pammana, Sabbangparu, Tempe, dan Belawa. Wilayah-wilayah itu, kini sudah terendam banjir. "Areal persawahan saat ini sudah ratusan hektare yang terendam, meski belum sampai masuk ke pemukiman penduduk," katanya.

Sementara di Kecamatan Keera, akibat curah hujan yang tinggi, salah satu jalan yang longsor menimpa rumah warga. "Saat ini anggota kami ke Keera untuk memantau lokasi," jelasnya.

Dia mengatakan, pihaknya sudah melakukan persiapan pelayanan bencana menghadapi musim hujan kali ini. "Menghadapi musim hujan kali ini, pemkab mempersiapkan segala yang terkait dengan standar pelayanan bencana kepada masyarakat, salah satunya satgas bencana," terangnya.

BPBD juga mulai mempersiapkan sejumlah peralatan dan kesiapan logistik, mengingat Kabupaten Wajo merupakan Kabupaten yang rawan akan bencana banjir. "Kalau berbicara daerah banjir, empat kecamatan tersebut yang paling rawan," katanya.

Sepertin dilansir sebelumnya, ada sembilan kecamatan yang ditetapkan rawan Bencana alam terutama banjir. Terdiri dari Belawa, Tempe, Pamman, Sabbangparu, Tanasitolo, Maningpajo, Bola, pitumpanua, dan Kecamatan keera. Kesembilan daerah tersebut sudah ditetapkan sebagai lokasi rawan banjir pada saat rakornas penanggulangan bencana 2013.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8758 seconds (0.1#10.140)