Kadinkes imbau jemaah waspadai MERS

Jum'at, 09 Mei 2014 - 19:52 WIB
Kadinkes imbau jemaah waspadai MERS
Kadinkes imbau jemaah waspadai MERS
A A A
Sindonews.com - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka Alimudin mengimbau agar jemaah yang akan melaksanakan umrah ke tanah suci menjaga stamina dan kesehatannya.

Hal ini mengingat tengah maraknya virus flu arab atau dikenal dengan virus MERS-CoV (Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS-CoV).

"Kami tidak melarang untuk menunda umrah, yang terpenting jaga stamina, kesehatan tubuh, memakai masker dan menjaga pola hidup sehat," kata dia, Jumat (9/5/2014).

Menurut dia, di Kabupaten Majalengka sendiri belum ditemukan korban yang terinfeksi virus MERS yang saat ini marak diperbincangkan. "Tidak ada, dan insya Allah tidak ada," ucapnya.

Menurut Ali, pihaknya mendapatkan informasi terkait virus flu Arab terjadi di Indonesia, karena di Provinsi Sumatera Utara ada warga yang diduga terkena virus tersebut.

"Penyebaran virus ini melalui binatang, juga dari hubungan manusia antar manusia. Tapi tidak usah panik. Dengan kewaspadaan tentu dapat dicegah seperti pakai masker dan lainnya," ucapnya.

Langkah lain, secara aktif juga menginformasikan kepada masyarakat terutama bagi yang ingin berangkat umrah, agar mengikuti peraturan Kemenkes di Arab saudi.

Pihaknya masih menunggu informasi dari Kemenkes RI yang hingga saat ini masih menunggu informasi terbaru dari pemerintah Arab Saudi dan WHO.

Nantinya kalau informasi yang diterima menyatakan penyebaran sudah tidak bisa lagi dikendalikan, maka pemerintah Indonesia akan mengeluarkan larangan.

Namun Kementrian Agama tidak melakukan penundaan keberangkatan baik jemaah haji dan umrah.

Sampai saat ini pemerintah Arab Saudi belum mengeluarkan larangan, demikian juga Badan Kesehatan Dunia yang belum menyatakan virus corona sebagai kejadian luar biasa sehingga belum perlu mengeluarkan travel warning ke negara Timur Tengah termasuk Arab Saudi.

"Sekali lagi, bagi jemaah yang ingin tetap melaksanakan ibadah umrah dan haji sebaiknya perlu melakukan upaya-upaya antisipasi dan pencegahan secara personal. Jemaah diminta agar melakukan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan segera berobat bila ada keluhan demam dan gangguan pernapasan, baik ketika masih di Saudi Arabia atau ketika kembali ke Tanah Air," imbauhnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8813 seconds (0.1#10.140)