106 warga Gresik menderita kusta

Kamis, 17 April 2014 - 18:31 WIB
106 warga Gresik menderita kusta
106 warga Gresik menderita kusta
A A A
Sindonews.com - Jumlah penderita kusta di Kabupaten Gresik masih cukup tinggi. Berdasarkan data Dinas Kesehatan jumlah penderita kusta mencapai 106 jiwa. Jumlah tersebut mengalami penurunan, karena pada 2012 mencapai 136 orang.

Wakil Bupati Gresik M Qosim mengungkapkan, jumlah penderita kusta ini juga menurun dibanding pada dua tahun sebelumnya. "Sebab, pada tahun 2011 jumlah penderita kusta di Gresik 156 orang," tutur M Qosim, Kamis (17/4/2014).

Dijelaskan, penurunan penderita kusta di Gresik ini berkat kerjasama semua unsur kelompok masyarakat. Pihaknya berharap terus ditekan. Karenanya demi mendukung koordinasi penanganan kusta, pemkab menerbitkan surat keputusan pembentukan tim pendamping orang yang pernah mengalami kusta.

"Tim ini terdiri dari berbagai dinas instansi, berbagai elemen masyarakat yaitu ikatan isteri dokter, Fatayat, Muslimat, Aisyiah, Nahdhlatul Ulama dan Muhammadiyah," jelas Qosim.

Masih menurut Wabup M Qosim, tim ini bertugas memberikan advokasi, sosialisasi, pelatihan dan memberikan berbagai bantuan. Sehingga didapat upaya yang sistematis untuk menekan penderita kusta di Kabupaten Gresik.

"Terbukti dengan program dan bantuan yang dijalankan oleh anggota tim ini, jumlah penderita kusta terus menurun dari tahun ketahun," kata dia.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6087 seconds (0.1#10.140)