Terancam gelombang tsunami, warga Papua berserah kepada Tuhan

Rabu, 02 April 2014 - 17:16 WIB
Terancam gelombang tsunami, warga Papua berserah kepada Tuhan
Terancam gelombang tsunami, warga Papua berserah kepada Tuhan
A A A
Sindonews.com - Pengamat Meteorologi dan Geofisika dari BMKG wilayah V Jayapura Hendrik Loupatty menyatakan, 10 kabupaten dan kota di Papua bakal terkena gelombang tsunami yang terjadi di Chili, Peru, Ekuador, Kolombia, Panama, Kosta Rika dan Nikaragua.

Masing-masing Kabupaten dan kota itu antara lain Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Sarmi, Kabupaten Waropen, Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Supiori, Kabupaten Kepulauan Yapen, Kabupaten Manokwari, Kabupaten Sorong bagian Utara, Kota Sorong dan Kabupaten Raja Ampat.

Namun begitu, warga diminta untuk tidak panik. Sebab, tsunami yang sampai ke Papua tingginya di bawah 10 centimeter. Sehingga, masyarakat diminta tidak perlu khawatir.

Grace, warga Distrik Abepura, Kota Jayapura mengaku, pihaknya bahkan belum mengetahui akan adanya gelombang tsunami yang akan tiba di Papua. Setelah diberi tahu, dirinya bahkan tidak mau mengungsi.

"Saya baru mendengar kalau besok akan ada tsunami. Ya, sebagai umat Tuhan, kita hanya bisa berdoa saja. Semoga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ujar Grace, warga Distrik Abepura, Kota Jayapura, Rabu (2/4/2014).

Menurut Grace, dia dan keluarga akan tetap di rumah dan tidak akan mengungsi ke dataran tinggi. Grace yakin isu tsunami yang terjadi di Kota Jayapura dan sekitarnya hanya gelombang kecil seperti isu yang terjadi beberapa tahun lalu. Di mana Kota Jayapura adalah salah satu wilayah yang terkena dampak gelombang tsunami Jepang.

Sementara itu, berdasarkan pengamatan di kampung Enggros, Kampung Tobati hingga Skouw yang terkena dampak gelombang tsunami Jepang beberapa waktu lalu, warga tidak mengungsi ke daerah dataran tinggi. Hingga kini, warga masih mendiami rumah-rumah mereka dan mengaku tidak tau isu tsunami itu.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada pernyataan pemerintah daerah setempat kepada warganya, untuk waspada terhadap isu tsunami yang merupakan dampak dari gempa bumi di Chili.

Baca juga:
Dampak gempa Chili, tsunami ancam Indonesia
10 kabupaten & kota di Papua terimbas tsunami Chili
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3797 seconds (0.1#10.140)