Polri miliki alat ungkap identitas mayat tanpa test DN

Senin, 03 Februari 2014 - 19:28 WIB
Polri miliki alat ungkap...
Polri miliki alat ungkap identitas mayat tanpa test DN
A A A
Sindonews - Jajaran Polres Karanganyar menerima alat baru untuk indentifikasi mayat misterius tercepat dari Mabes Polri.

Melalui alat identifikasi mayat atau Mobil Automated Multi-biometric Identification System (MAMBIS) ini, penemuan mayat tak diketahui identitasnya bisa dilacak dengan cepat tanpa melalui uji test DNA.

Kasat Reskrim Polres Karanganyar AKP Agus Sulistianto mengatakan, dengan alat baru tersebut petugas bisa mengungkap identitas mayat kasus pembunuhan atau penemuan mayat tak dikenal dalam satu hari.

Sebab dengan bantuan alat Identification Syestem ini, aparat kepolisian tidak perlu lagi melakukan pengetesan DNA untuk mengetahui identitasnya. Cara kerja alat ini, ungkap Agus sangat mudah, sebab alat tersebut bisadihubungkan dengan E-KTP syestem. Sehingga, seluruh data penduduk, asalkan sudah mempunyai E-KTP akan terpantau langsung.

"Bila mayat yang ditemukan masih dibawah 4 jam setelah kasus pembunuhan, petugas cukup menempelkan alat tersebut pada kornea mata mayat. Nanti secara otomatis, data mayat tersebut, asalkan sudah ber E-KTP, secara otomatis langsung keluar," papar Agus saat ditemui di Mapolres Karanganyar, Jawa Tengah, Senin (3/2/104).

Namun, bila mayat yang ditemukan tersebut sudah melebihi waktu 4 jam, maka petugas cukup menempelkan sidik jari mayat tersebut dialat itu maka identitas mayat bisa terungkap.
(ilo)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1115 seconds (0.1#10.140)