KPU perpanjang laporan dana kampanye sampai minggu

Sabtu, 28 Desember 2013 - 17:07 WIB
KPU perpanjang laporan...
KPU perpanjang laporan dana kampanye sampai minggu
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekalongan, Jawa Tengah memperpanjang penyerahan laporan dana kampanye partai politik (parpol) peserta Pemilu 2014 sampai besok. Karena, akhir waktunya Jumat 27 Desember sore, tapi masih banyak parpol yang belum menyerahkan laporan dana itu.

"KPU Pusat memberikan surat edaran ke KPU daerah untuk diperpanjang hingga dua hari yaitu sampai Minggu 29 Desember 2013," kata Ketua KPU Kota Pekalongan Basir di Jawa Tengah, Sabtu (28/12/2013).

Disebutkan Basir, bagi parpol yang tidak bisa melengkapi laporan dana kampanye belum ada sanksi . Mereka hanya akan diumumkan dimedia dan dilaporkan ke KPU Pusat.

Namun parpol akan mendapat sanksi tegas jika pelaporan dana kampanye tahap dua ini tidak bisa menyerahkan pada tanggal 2 Maret 2014. Bagi parpol yang tidak bisa melengkapi laporan dana kampanye maka akan dibatalkan keikutsertaanya dalam pelilu legislatif 9 April 2014 mendatang.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua DPC PKB Kota Pekalongan Abdul Aziz mengatakan, kesulitan untuk menyetorkan pelaporan dana kampanye karena baru pertama kali. Selain itu banyak caleg yang tidak teliti dan tidak tertib dalam mencatat data pengeluaran sehingga menyulitakan entry data.

"Calegnya banyak sehingga kita kesulitan memasukan data, apalai masing- masing caleg banyak kesibukan untuk kempanye sendiri," katanya.

Hal itu juga diskui oleh Sekretaris DPC Partai Demokrat Kota Pekalongan Sugestiyanto. Dia menyatakan, baru pertama ada keharusan pengusuan formulir pelaporan dana kampanye sehingga banyak yang kseulitan.

"Karena baru pertama sehingga kita juga masih harus bolak-balik konsultasi dengan KPU untuk pengisian laporan dana kampanye," jelasnya.

Selain itu, Ketua DPC Hanura Kota Pekalongan Drajat mengatakan, pihaknya masih menunggu laporan dana dari para calegnya.

"Kita pengurus partai masih menunggu laporan beberapa caleg sehingga terlambat selain itu karena baru pertama sehingga banyak kendala, namun kami yakin bahwa bisa diselesaikan," katanya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1183 seconds (0.1#10.140)