UGM luncurkan jurnal karya mahasiswa

Selasa, 24 Desember 2013 - 04:40 WIB
UGM luncurkan jurnal karya mahasiswa
UGM luncurkan jurnal karya mahasiswa
A A A
Sindonews.com – Karya tulis mahasiswa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Gama Cendekia UGM dari berbagai disiplin ilmu telah dipublikasikan dalam bentuk jurnal. Terangkum dalam sebuah jurnal berjudul Cendekia, jurnal tersebut bahkan diklaim menjadi jurnal interdisipliner pertama karya mahasiswa di Indonesia.

"Setelah 11 tahun berdiri, akhirnya Gama Cendekia UGM mampu mewujudkan sebuah kontribusi nyata dalam budaya akademis di kalangan mahasiswa dengan kehadiran jurnal mahasiswa ini. Sebagai UKM yang berbasis Pengkajian dan Penelitian Interdisipliner, jurnal pertama kami ini setelah memperoleh lisensi ISSN dengan serial number 2354-6778,” ujar Ketua UKM Gama Cendekia UGM Ridho Andika Putra Senin (23/12/2013).

Dikatakan Ridho, Jurnal Cendekia volume satu tersebut terdiri dari 15 kumpulan jurnal interdisipliner dari beberapa universitas di Indonesia. Jurnal Cendekia sebenarnya masih merupakan pembukuan dari hasil karya interdisipliner dari integrasi dari berbagai macam ilmu. Namun demikian, ia berharap jurnal tersebut dapat menjadi penggerak semangat mahasiswa untuk menumbuhkan budaya akademis.

“Kami sendiri inginnya fokus pada karya tulis mengenai penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan berbasis kemasyarakatan. Kedepannya, Jurnal Cendekia ini akan diterbitkan dengan periode enam bulan sekali,” imbuhnya.

Sementara itu, Dosen UGM Dr Muhammad Baiquni MA memberikan apresiasinya atas kehadiran jurnal karya mahasiswa tersebut. Ketua prodi S2/S3 Pariwisata Sekolah Pascasarjana UGM ini mengatakan, lewat hasil penelitian, mahasiswa juga mampu ikut memberi solusi bagi permasalahan bangsa.

"Semoga makin banyak bermunculan jurnal-jurnal mahasiswa lainnya sehingga mampu memberikan referensi solusi bagi persoalan masyarakat luas," ujarnya.

Penyusunan Jurnal Cendekia ini sendiri digawangi oleh mahasiswa yang tergabung dalam UKM Gama Cendekia dan berasal dari berbagai fakultas dan angkatan. Di antaranya, sebagai Pemimpin Redaksi adalah Azizatul Ulfa dari Fakultas Kedokteran Hewan angkatan 2010. Anggota dewan redaksi terdiri dari Denis Febta Dianingratri, Wulan Fatimah Rohmah, Lusi Nur Rahmawati, dan Mulia Ela. Dilengkapi oleh redaktur pelaksana dengan anggota Lilis Sulistianingsih, Muhammad Faisol Amir, Yuni Arum Sari, dan Ridwan. Sedangkan distribusi jurnal di gawangi oleh Abdul Afif Al Muflih.

Dalam penyusunannya, pembuatan jurnal tersebut mendapat pendampingan dari beberapa ahli diantaranya Rachman Sudiyo MT PhD dan Dr Muhammad Baiquni MA dari UGM, Moh Abdul Hakim MA dari UNS serta Alam Firmansyah MSc dari UAD.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8845 seconds (0.1#10.140)