Ridwan Kamil didemo ribuan buruh

Senin, 18 November 2013 - 11:52 WIB
Ridwan Kamil didemo ribuan buruh
Ridwan Kamil didemo ribuan buruh
A A A
Sindonews.com - Tak kurang dari lima ribu orang dari delapan elemen buruh menggelar aksi di depan gerbang Balai Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (18/11/2013). Aksi itu sempat membuat kemacetan di Jalan Wastukancana dan sekitarnya.

Ratusan kendaraan sempat terjebak macet karena jalan satu jalur itu tertutup ribuan orang yang berdemo. Polisi akhirnya terpaksa memutarkan kendaraan ke arah berlawanan. Jalan Wastukancana pun akhirnya diblokir.

Ketua KSPSI Jawa Barat, Roy Jinto, mengatakan pihaknya tidak bermaksud mengganggu kelancaran arus lalu lintas.

"Kita enggak bermaksud nutup jalan. Cuma kebetulan pintu masuk (Balai Kota) di sini, kita juga enggak bisa masuk ke dalam," kata Roy.

Sementara soal aksinya, massa menuntut upah minimum kabupaten/kota (UMK) layak. Besaran yang diinginkan adalah Rp2,7 juta. "Itu angka yang layak bagi buruh," ucapnya.

Roy mengatakan, aksi akan digelar dalam tiga hari depan. Jumlah massa yang akan diturunkan bakal jauh lebih banyak. Tuntutannya satu yaitu menuntut Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, menetapkan UMK sebesar Rp 2,7 juta.

Soal penetapan UMK, hingga hari ini memang belum ada titik temu. Buruh berkeinginan Rp2,7 juta, sedangkan pengusaha menginginkan sekira Rp1,8 juta sesuai KHL.

"Di sini Wali Kota harus segera mengambil sikap karena tidak ada titik temu sampai hari ini. Tapi Wali Kota harus memperhatikan juga aspirasi buruh," tegas Roy.

Dalam aksinya, massa menuntut Wali Kota Bandung keluar menemui mereka. Mereka akan tetap bertahan sebelum Ridwan Kamil menemui mereka atau melakukan audiensi.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7280 seconds (0.1#10.140)