Ratusan bus kota di Yogyakarta mogok

Senin, 11 November 2013 - 11:01 WIB
Ratusan bus kota di Yogyakarta mogok
Ratusan bus kota di Yogyakarta mogok
A A A
Sindonews.com - Ratusan bus kota yang beroperasi di Kota Yogyakarta dan sekitarnya hari ini mogok. Aksi mereka ini bentuk protes atas wacana Pemda DIY seputar penghapusan bus kota dan diganti dengan bus Trans Jogja.

Awak bus baik sopir dan kernet pun memprotes rencana itu. Mereka menggeruduk Kantor DPRD DIY yang berlokasi di Jalan Malioboro. Ratusan bus mereka parkir di sepanjang Jalan malioboro. Tak heran jalan tersebut macet.

Gunawan, salah satu sopir bus kota mengungkapkan, rencana kebijakan penggantian bus kota dengan Trans jogja sangat meresahkan awak armada.

Sampai saat ini jumlah bus kota yang masih beroperasi tercatat ada 300-an bus.

"Kalau diganti, kami khilangan pekerjaan, " katanya saat beraudiensi dengan pimpinan DPRD setempat, Senin (11/11/2013).

Saat ini, ratusan bus kota diekelola oleh lima perusahaan otobus yakni Aspada, Damri, Kobutri, Puskopkar dan Kopata. Ada sekitar 700-an sopir dan kernet yang menggantungkan hidupnya dari beroperasinya bus kota itu.

Mereka mendesak rencana kebijakan penggantian bus kota menjadi bus Trans Jogja yang akan diberlakukan pada awal 2015 tersebut dibatalkan.

"Kami akan terus mogok jika tuntutan kami tidak dipenuhi," kata Agus, sopir bus kota yang lain mengancam.

Ketua DPRD DIY Yoeke Indra Agung meminta kepada awak bus untuk tenang. "Kami mohon tetap tenang, karena ini masih wacana. Kami pasti akan mengawal agar sopir dan kernet bus kota tidak dirugikan," ujarnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6418 seconds (0.1#10.140)