800 siswa miskin di Maros terima BSM ‎

Rabu, 30 Oktober 2013 - 01:10 WIB
800 siswa miskin di Maros terima BSM  ‎
800 siswa miskin di Maros terima BSM ‎
A A A
Sindonews.com - Sekitar 800 orang siswa tingkat SMP dan SD menerima Bantuan siswa miskin (BSM). Pembayarannya dilakukan melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Maros.

Kepala Seksi Kurikulum Dikdas Sudirman mengatakan, pembayaran BSM dilakukan secara langsung, yakni untuk dua semester.

Serta penerimaannya langsung ditransfer melalui rekening siswa yang bersangkutan. Hal ini untuk menghindari terjadinya pungutan liar (pungli) yang rawan dilakukan oleh oknum yang memanfaatkan BSM.

"Memang kami yang menanganinya, tapi pembayarannya dilakukan secara langsung ke rekening masing-masing siswa. Ini untuk menghindari pungli. Jadi pihak sekolah sendiri tidak mencampuri BSM. Sekolah hanya memasukkan nama-nama yang berhak menerima BSM," ujarnya, kepada wartawan, Selasa (29/10/2013).

Dia menjelaskan, untuk tingkat SD anggarannya Rp500 ribu per siswa per tahunnya. Dengan jumlah penerima sekitar 500 orang.

"Ditingkat SD penerimanya sekitar 500 orang. Tidak semua sekolah menerima BSM, karena dari 259 sekolah, hanya 211 sekolah yang menerima," katanya.

Dia menambahkan, sejumlah sekolah yang berada di bawah naungan Kemenag, juga tidak semuanya menerima BSM. Setiap kecamatan, hanya ada 4 sampai 5 sekolah saja yang mendapatkan BSM. Dia mengatakan, penerima bantuan itu menyebar di semua kecamatan.

"Jumlahnya menyebar di semua Kecamatan. Tapi ada prioritas di daerah yang jauh, seperti Camba, Cenrana, dan Mallawa," jelasnya.

Sedangkan untuk SMP, ‎jumlah penerimanya sekitar 300 orang dengan jumlah Rp600 ribu per siswa per tahun. "Jumlah penerima untuk SMP sekitar 300 orang dari 53 sekolah. jumlah SMP di Maros sekitar 67 sekolah," katanya.

"Tiap sekolah‎ hanya mendapat lima orang jatah penerima. Tapi ada beberapa yang lebih, karena kita sesuaikan dengan jumlah siswanya," katanya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5697 seconds (0.1#10.140)