Puting beliung di Blitar, 25 rumah rusak

Senin, 28 Oktober 2013 - 19:40 WIB
Puting beliung di Blitar, 25 rumah rusak
Puting beliung di Blitar, 25 rumah rusak
A A A
Sindonews.com - Sedikitnya lima rumah warga Desa Kebonduren, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar rusak parah diterjang angin puting beliung.

Angin yang datang bersama hujan deras tersebut juga menerbangkan genting, meluluhkan tiang dan atap puluhan rumah warga yang lain, termasuk menumbangkan pepohonan di jalanan.

"Peristiwanya berlangsung cepat. Tidak ada lima menit bersamaan dengan hujan deras," tutur Samaji (45), yang rumah bagian belakangnya rusak parah kepada wartawan, Senin (28/10/2013).

Menurut keterangan sejumlah saksi mata, angin muncul dari arah utara permukiman warga. Pusaran yang berekor kecil dibawah dan besar diatas itu mengamuki pepohonan.

Beberapa kenanga tua roboh bergelimpangan. Satu dua yang sampai tercerabut dari akarnya menimpa rumah warga. Bahkan sebuah terop untuk persiapan hajat pernikahan milik keluarga Siti Kholifah rata dengan tanah.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa maupun luka dalam musibah ini," tutur Suwono (43), warga lainnya.

Musibah alam angin puting beliung ini yang kedua kalinya menerjang Desa Kebonduren. Tahun sebelumnya, angin juga merusakkan permukiman warga. Kendati demikian, tingkat kerusakan yang ditimbulkan saat itu tidak separah yang terjadi saat ini.

Menurut keterangan Muhaimin, salah seorang perangkat desa, jumlah rumah yang mengalami kerusakan ringan sebanyak 25 unit.

"Yang kategori rusak berat lima rumah. Kemudian juga ada kerusakan pada kandang ayam, bebek dan sapi. Meski tidak ada ternak yang mati, hewan-hewan itu kini dalam keadaan stress," ujarnya.

Pihak desa, lanjut Muhaimin, sudah melaporkan adanya musibah bencana alam tersebut ke kecamatan. "Termasuk kita juga sudah berkoordinasi ke Kabupaten," pungkasnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9002 seconds (0.1#10.140)