Penataan Gunung Padang harus fokus

Kamis, 17 Oktober 2013 - 17:25 WIB
Penataan Gunung Padang harus fokus
Penataan Gunung Padang harus fokus
A A A
Sindonews.com - Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher), mengingatkan penataan situs Gunung Padang di Kabupaten Cianjur harus dilakukan secara fokus. Pemahaman tentang masalah itu harus dimiliki semua pihak.

"Yang perlu dilakukan saat ini adalah penyelamatan. Bahwa nanti bermanfaat untuk pariwisata, itu (urusan) berikutnya setelah penyelamatan selesai," kata Aher di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (17/10/2013).

Saat ini, lanjut Aher, muncul keinginan dari berbagai pihak. Mulai adanya pihak yang menginginkan Gunung Padang diteliti lebih lanjut, ada juga yang ingin agar gunung itu segera dipugar, ada yang ingin akses jalan diperbaiki agar Gunung Padang menjadi objek wisata.

Khusus untuk perbaikan jalan, Aher memberi tanggapan tersendiri. Saat ini, bukan saat yang tepat untuk memperbaiki jalan.

"Justru (berpikir soal perbaikan) jalan harus dihentikan dulu. Jangan sampai jalan bagus nanti (Gunung Padang) malah rusak," jelasnya.

Ke depan, akses jalan menuju lokasi memang perlu diperbaiki. Itu untuk mendukung Gunung Padang sebagai tempat wisata agar berkembang lebih baik.

"Jalan itu nanti ketika sudah selesai penyelamatan, pemugarannya dan perawatannya. Kalau mikir jalan sekarang justru salah, justru itu malah membuat akses semakin banyak, kita khawatir malah makin banyak yang berkunjung, semakin khawatir merusak Gunung Padang," tandas Aher.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3598 seconds (0.1#10.140)