TNI amankan 900 kg bahan peledak di rumah warga

loading...
TNI amankan 900 kg bahan peledak di rumah warga
TNI amankan 900 kg bahan peledak di rumah warga
Sindonews.com - Aparat TNI AD berhasil menemukan dan mengamankan sebanyak 900 kilogram bahan peledak dan delapan rudal aktif di rumah milik JG, warga Dusun Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, Kalbar.

Kepala Bagian Penerangan Satuan (Kabagpensat) Mabes Polri, Kombes Pol Rana SP mengatakan, dari rumah warga tersebut, aparat berhasil mengamankan sebanyak 36 karung bahan peledak.

"Ditemukan bahan peledak jenis Amonium Nirate sebanyak 36 karung, total berat dari seluruh karung, kurang lebih 900kg," kata Rana di Kantor Divisi Humas Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Barat, Rabu (25/9/2013).

Setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata bahan peledak tersebut merupakan buatan Malaysia. Merk Poroous Prills sebanyak 27 karung, masing-masing karung seberat 25 kg buatan Malaysia. Selain itu juga ditemukan merk Nitrate Poroous Grante NHA sebanyak sembilan karung yang merupakan buatan Cina.



Untuk itu, pihak Polda telah melakukan pemeriksaan terhadap beberapa orang saksi terkait kepemilikan barang-barang tersebut.

Hingga kini, para saksi tersebut masih dalam proses pemeriksaan oleh Polres Bengkayang dibantu oleh Polda Kalbar.

"Adapun yang telah diamankan adalah saudara AR (58), selain dia buruh pikul yang bersangkutan juga pengelola gudang. Kemudian dua orang melarikan diri. Lalu pemilik gudang telah juga telah kita amankan dan kita lakukan pemeriksaan yaitu saudara JG. Dan pemilik bahan peledak tsb adalah saudara AG (38)," tandas Rana.



"Karena bahan-bahan ini harus mempunyai izin, gudang itu pun harus mempunyai izin terhadap barang peledak tersebut. Bahan-bahan ini banyak digunakan oleh masyarakat sebagai untuk bom ikan biasanya, digunakan untuk penangkapan-penangkapan ikan," sambungnya.
(rsa)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top