Pemkab Malang antisipasi kekeringan

Jum'at, 06 September 2013 - 15:08 WIB
Pemkab Malang antisipasi kekeringan
Pemkab Malang antisipasi kekeringan
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Kabupaten Malang mengantisipasi potensi kekeringan yang terjadi pada lahan persawahan pada musim kemarau ini.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Malang, Purwanto, mengatakan, pihaknya telah meminta petani mulai mengantisipasi kekeringan pada musim kemarau ini.

Caranya, jika mulai terjadi kekurangan air untuk irigasi sawah, petani bisa mengoptimalkan pompa air yang telah disediakan oleh pemerintah di beberapa titik rawan kekeringan.

"Sampai saat ini belum ada laporan kekeringan," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Malang, Purwanto, Jumat (6/9/2013).

Selain itu, dinas juga melakukan pengawasan agar secepat mungkin dapat dilaporkan ke Pemerintah Provinsi jika ada kekeringan terjadi di wilayahnya. Namun, sampai saat ini kebutuhan air masih terpenuhi dengan cukup.

Kabupaten Malang mempunyai lahan sekira 45 ribu hektare yang tersebar di 33 kecamatan. 33 Ribu hektare merupakan sawah teknis dan 12 ribu hektare sisanya merupakan sawah yang layak ditingkatkan menjadi sawah teknis.

Karenanya, Malang merupakan salah satu daerah penyangga ketahanan pangan di Jawa Timur, dan di tahun 2012 lalu produksi beras dari malang surplus produksi 66 ribu ton.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2955 seconds (0.1#10.140)