Ratusan pendukung minta penyerang Cebongan dibebaskan

Kamis, 05 September 2013 - 09:58 WIB
Ratusan pendukung minta...
Ratusan pendukung minta penyerang Cebongan dibebaskan
A A A
Sindonews.com - Ratusan pendukung terdakwa Komando Pasukan Khusus (Kopassus) mulai datang ke Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta. Dalam orasinya yang menggunakan speaker (pengeras suara), mereka meminta pembebasan dan tidak adanya pemecatan.

Pendukung tersebut dari berbagai elemen masyarakat, seperti Generasi Muda FKPPI, Lembaga Aspirasi Masyarakat Indonesia, Anak Kolong Bergerak, Pemuda Panca Marga, Brigade Merah Putih, Jaringan Masyarakat Jogja Cinta TNI, Pemuda Pro TNI-Polri, MMP Law Office, Drs Foundation, Granat.

Koordinator Aksi Masssa, Donny P Manurung menyampaikan, pihaknya mendukung TNI untuk mengangkat issue pemberantasan premanisme dari Indonesia mengingat keberadaannya dapat disetarakan issue terorisme.

"Dan melakukan pemberantasan segala bentuk premanisme tersebut baik dalam koloni besar maupun kecil, yang keberadaannya sudah meresahkan masyarakat," katanya, Kamis (5/9/2013).

Sementara, dari Pemuda Panca Marga (PPM) Bekasi, Jonly Nahampun mengatakan, ada banyak pengamat yang menganggap bahwa kasus Cebongan adalah penodaan terhadap simbol kewibawaan negara. Tetapi, pembunuhan terhadap anggota TNI yang sedang bertugas (Serka Heru Santoso yang tewas dianiaya di Hugo's Cafe sebelum peristiwa penyerangan Cebongan) merupakan ancaman serius terhadap kewibaan negara.

Para terdakwa juga telah datang di Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta. Selain itu juga, dari Komnas HAM juga datang. Kepala Seksi Operasi Komando Resor Militer 072/Pamungkas Letnan Kolonel J.X.B. Nunes meminta semua elemen masyarakat ikut menjaga suasana kondusif.

"Pengamanan seperti biasa, dari TNI dan Polri," ucapnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1259 seconds (0.1#10.140)