23 daerah di Jatim terancam kekeringan

Rabu, 04 September 2013 - 18:19 WIB
23 daerah di Jatim terancam kekeringan
23 daerah di Jatim terancam kekeringan
A A A
Sindonews.com - Sekitar 23 daerah di Jawa Timur terancam kekeringan pada musim kemarau. Dari 23 daerah itu, satu daerah yakni Ngawi telah menyatakan status darurat. Sedangkan Bangkalan, Ponorogo, Trenggalek, Tuban, Gresik baru tahap proses pengajuan darurat.

"Tahun lalu ada 23 daerah. Diperkirakan hampir sama dengan tahun lalu kita masih menunggu perkembangannya," Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur Sudarmawan, Rabu (4/9/2013).

Sudarmawan menjelaskan, ada tiga kategori kekeringan berdasarkan pencarian sumber air.
Pertama, Kering Langka Terbatas yang jaraknya antara 100 hingga 500 meter. Kedua , Kering Langka yang jaraknya sekitar 500 meter lebih sampai tiga kilometer. Kategori Kering Kritis yang jaraknya di atas tiga kilometer.

Dengan kondisi itu pihaknya sudah menyiapkan langkah-langkah untuk mengantisipasi kekeringan.

"Kami sudah mengumpulkan seluruh Kepala BPBD Kabupaten/Kota sejatim termasuk Dinas PU Pengairan, Cipta Karya, Pertanian serta instansi lainnya," ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk kategori Langka dan Terbatas, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Pengairan Provinsi yakni, waduk kecil sebagai tempat untuk menampung air hujan, bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan masyarakat.

Teknisnya adalah pemanfaatan sejumlah sumber air di wilayah tersebut. Yakni menggunakan, alat semacam pompa air yang kemudian disalurkan ke warga sehingga warga tidak berjalan jauh. Dinas Cipta Karya akan membuat sumur bor di tempat-tempat yang dilanda kekerangan.

Selain itu, juga berkordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1432 seconds (0.1#10.140)