Bawaslu Kaltim awasi kampanye berhadiah

Selasa, 03 September 2013 - 11:34 WIB
Bawaslu Kaltim awasi kampanye berhadiah
Bawaslu Kaltim awasi kampanye berhadiah
A A A
Sindonews.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalimantan Timur akan memantau pasangan calon gubernur dan wakil gubernur (Cagub-cawagub) Kalimatan Timur yang akan menggelar kampanye terbuka.

Pasangan kandidat itu tidak hanya menghadirkan juru kampanye nasional, tapi juga bagi-bagi hadiah atau doorprize. Tidak tanggung-tanggung, hadiah yang diberikan berupa mobil.

Ketua Divisi Pengawasan Bawaslu Katim Tri Heriyanti mengingatkan setiap kandidat untuk berhati-hati dalam memberikan sesuatu kepada masyarakat saat kampanye. Sebab jika tidak berhati-hati, pemberian hadiah itu bisa masuk dalam tindak pidana Pemilu.

“Saya mengimbau agar kampanye setiap pasangan calon untuk berhati-hati dalam memberikan hadiah atau apapun saat kampanye. Kalau mengarah ke money politic itu sudah masuk dalam tindak pidana pemilu,” Tri Heriyanto mengingatkan, Selasa (3/9/2013).

Namun pihaknya sendiri belum bisa memastikan bagi-bagi hadiah untuk simpatisan itu termasuk pelanggaran atau bukan pelanggaran. Bawaslu perlu melakukan pengawasan faktual di lapangan saat pemberian dilakukan.

“Kita nanti akan lihat secara faktual bagaimana menyampaikan dan memberikan doorprize itu. Kalau memberikannya seperti yang dimaksud dalam penjelasan soal money politic, itu masuk dalam tindak pidana,” paparnya.

Bawaslu akan mengawasi setiap kampanye yang dilakukan semua pasangan kandidat itu.

Harapannya, semua kandidat bisa menghindari semua bentuk pemberian kepada masyarakat saat kampanye. “Imbauan kita, sebaiknya dalam kampanye menghindari pemberian-pemberian," pungkasnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5796 seconds (0.1#10.140)