Pelantikan Gubernur Jateng diwarnai demonstrasi

Jum'at, 23 Agustus 2013 - 13:13 WIB
Pelantikan Gubernur Jateng diwarnai demonstrasi
Pelantikan Gubernur Jateng diwarnai demonstrasi
A A A
Sindonews.com - Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmoko, diwarnai dengan sejumlah unjuk rasa.

Selain meneriakkan tuntutan dan harapan, ratusan pendemo yang tergabung dalam Forum Masyarakat Jawa Tengah, itu melakukan aksi teatrikal pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur.

Tampak, dua pendemo memakai pakaian rapi mengenakan topeng Ganjar dan Heru. Mereka dilantik dengan diiringi orasi dan tumpeng bertuliskan kerusakan lingkungan. Tumpeng itu, hanya replika saja, dibuat menggunakan kertas.

Diantara pendemo, terlihat ada beberapa orang dari Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia-Lembaga Bantuan Hukum Semarang. Selain warga dari Batang, Jepara, Kendal, dan Kudus, ada pula dari mahasiswa Universitas Negeri Semarang dan IAIN Walisongo.

Mereka datang menggunakan truk dan sepeda motor, dan turun di sekitar Simpanglima, Semarang. Lalu, berjalan kaki menuju Taman KB. Aksi demonstrasi ini dikawal ketat petugas kepolisian.

Humas KAMMI Semarang Hermawan mengatakan, pihaknya menuntut agar pemimpin Jateng yang baru menyelesaikan aneka kasus lingkungan.

"Misalnya pabrik semen di Pati, PLTU Batang, pembangunan Waduk Logung. Kami menolak, karena menimbulkan dampak lingkungan," katanya kepada wartawan disela-sela unjuk rasa, Jumat (23/8/2013).
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2357 seconds (0.1#10.140)