Banjir, Jalan Poros Bone-Wajo terputus

Kamis, 18 Juli 2013 - 10:37 WIB
Banjir, Jalan Poros Bone-Wajo terputus
Banjir, Jalan Poros Bone-Wajo terputus
A A A
Sindonews.com - Guyuran hujan terurs menerus di Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan membuat Danau Tempe dan Sungai Welannae meluap. Akibatnya ribuan rumah terendam bajir. Ketinggian air mencapai tiga meter.

Jalan yang menghubungkan dua kabupaten yakni Bone dan Waju pun terputus.

Tidak ada kendaraan yang berani melintas, transportasi sementara menggunakan perahu rakit.

Seperti di jalur yang terletak di Desa Kampiri, Kecamatan Pamana, Kabupaten Wajo misalnya. Jalur itu terendam banjir setinggi satu meter dengan jarak mencapai 300 meter.

Kondisi itu dimanfaatkan warga sekitar dengan membuat jembatan kecil agar bisa dilewati kendaraan. Jembatan itu terbuat dari drum dan kayu. Tiap warga yang ingin melintas dengan kendaraan harus membayar Rp10 ribu sekali melintas.

Selain itu ada pula warga yang membuat rakit dari dua perahu yang digabung. Kemudian diberikan papan pada bagian atas. Warga yang ingin memanfaatkan rakit itu harus membayar Rp10 ribu.

Setiap trip sebuah rakit hanya dibolehkan mengangkut lima unit sepeda motor, beserta pengendaranya, karena apabila lebih dikhawatirkan perahu tersebut akan karam.

Andiandi Herianti salah seorang warga mengatakan, dirinya terpaksa menggunakan rakit untuk menyeberangkan kendaraannya meski harus membayar.

"Jalan Poros Bone-Wajo terendam air tidak memungkinkan keluarganya merebos karena banjir cukup tinggi dan deras," ujar Andi, Kamis (18/ 7/2013).

Andi juga mengaku khawatir karena debit air di Danau Tempe dan Sungai Walanae terus meningkat yang menyebabkan banjir.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7303 seconds (0.1#10.140)