Pilgub Kaltim, kesehatan Imdaad-Ipong pertama diperiksa

Senin, 15 Juli 2013 - 20:17 WIB
Pilgub Kaltim, kesehatan...
Pilgub Kaltim, kesehatan Imdaad-Ipong pertama diperiksa
A A A
Sindonews.com - Tahapan Pemilihan Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) kini memasuki tahap pemeriksaan kesehatan calon gubernur dan calon wakil gubernur.

Bertempat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) AW Syahranie, Samarinda, pasangan Imdaad Hamid dan Ipong Muchlisoni dari jalur independen menjadi yang pertama menjalani pemeriksaan kesehatan.

“Kita telah memasuki tahapan pemeriksaan jasmani dan rohani. Tahapan pemeriksaan kesehatan merupakan bagian tak terpisahkan dari proses pencalonan pasangan bakal cagub dan cawagub,” kata Ketua KPU Kaltim Andi Sunandar, kepada wartawan, Senin (15/7/2013).

Ditambahkan dia, terdapat 31 item berkas persyaratan yang harus dipenuhi bakal pasangan calon, sebelum ditetapkan sebagai calon 25 Juli 2013 nanti. “Pemeriksaan kesehatan ini menentukan kelulusan calon, karena include sebagai syarat administrasi dan faktual,” katanya.

Pemeriksaan kesehatan ini, lanjutnya, bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia Kaltim. KPU Kaltim hanya meminta rekomendasi dari IDI terkait pernyataan layak atau tidaknya seseorang menjadi pasangan calon dari sisi kesehatan.

“Kesehatan sangat berpengaruh terhadap kelulusan calon. Kita hanya minta dua hal ke IDI, apakah calon tersebut layak atau tidak dari segi kesehatan,” tambah Andi.

Setiap calon gubernur dan wakil gubernur akan diperiksa kesehatannya. Besok pasangan Farid Wadjdy–Aji Sofyan Alex yang akan mengikuti pemeriksaan kesehatan. Selanjutnya, pasangan Awang Faroek Ishak–Mukmin Faisjal yang akan diperiksa kesehatannya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1062 seconds (0.1#10.140)