Kota Batu upayakan pencairan BLSM di kelurahan

Rabu, 26 Juni 2013 - 09:01 WIB
Kota Batu upayakan pencairan BLSM di kelurahan
Kota Batu upayakan pencairan BLSM di kelurahan
A A A
Sindonews.com - Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker), Kota Batu saat ini sedang berupaya agar pencairan Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) di Kota Batu bisa dicairkan di kantor kelurahan dan kantor balai desa.

Menurut Kadinsosnaker, Kota Batu, Eddy Murtono, Kamis (27/6) nanti, dirinya akan berkoordinasi dengan Kepala Kantor Pos Besar, Kota Malang untuk membahas teknis pencairan BLSM bagi gakin di Kota Batu.

“Seperti proses pencairan bantuan langsung tunai (BLT) tahun 2008 lalu. Penyerahannya di kantor pos Kota Batu dan kantor kelurahan, serta di kantor balai desanya masing-masing. Dengan cara ini bisa menghemat pengeluaran bagi penerima bantuan, prosesnya juga lebih tertib dan teratur,” tegas Eddy Murtono, Rabu (26/6/2013).

Untuk Kota Batu, jumlah gakin penerima BLSM atas kopensasi kenaikan bahan bakar minyas (BBM) sebanyak 6.277 keluarga. Setiap jiwa berhak menerima Rp300 ribu untuk dua bulan. Saat ini Dinsosnaker Kota Batu tinggal mendistribusikan datanya ke Camat, Lurah dan kades untuk diteruskan kepada masyarakat.

“Kalau gakin di Kota Batu harus mengambil ke kantor Pos Besar Malang atau ke kantor Pos Kota Batu membutuhkan biaya minimal Rp10.000 untuk ongkos ojek. Nanti akan kita usahakan agar pencairan BLSM di kantor kelurahan dan kantor balai desanya supaya uangnya tidak berkurang untuk ongkos ojek,” tandas dia.

Kepala Kantor Pos Besar Malang, Kiagus M Amran menjelaskan, pencairan BLSM dilakukan secara begilir. Teknisnya kantor pos akan melakukan sistem jemput bola. Pencairannya akan dilakukan di setiap kantor Kelurahaan dan Kantor Balai Desa.

“Kita akan berusaha untuk memudahkan pencairan BLSM ini untuk masyarakat. Warga kita harapkan tidak terlalu banyak mengeluarkan ongkos transportasi. Mereka cukup datang ke kantor Kelurahaan dan Kantor Balai Desanya. Petugas kami akan melayani masyarakat di tempat itu,” tandas Amran.

Data dari Kantor Pos Besar Kota Malang, jumlah penerima BLSM untuk wilayah Kota Malang, Kota Batu dan Kabupaten Malang mencapai 170.474 keluarga. Rinciannya untuk Kabupaten Malang sebanyak 147.207 keluarga.

Sedangkan untuk Kota Malang, BLSM nya dicairkan kepada 16.990 keluarga. Lalu untuk Kota Batu gakin yang berhak menerima BLSM sebanyak 6.277 keluarga.

“Total dana yang disiapkan pemerintah untuk mencairkan BLSM mencapai Rp51,1 miliar,” ujar dia.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5294 seconds (0.1#10.140)