Banjir meluas, ribuan rumah di Wajo terendam

Selasa, 18 Juni 2013 - 16:24 WIB
Banjir meluas, ribuan rumah di Wajo terendam
Banjir meluas, ribuan rumah di Wajo terendam
A A A
Sindonews.com - Banjir yang terjadi di Kabupaten Wajo mulai meluas. Tak kurang kini ribuan rumah yang tersebar di lima kecamatan terendam banjir. Kendati demikian para korban banjir belum juga melakukan pengungsian.

"Saat ini, jumlah rumah yang terendam luapan mencapai ribuan, yang tersebar di beberapa kecamatan," kata Kabid Kesetiakawanan Sosial Dinas Sosial Tenaga kerja dan Transmigrasi (Dinsosnaker) Kabupaten Wajo, Syahran, Selasa (18/6/2013).

Sebagai langkah kesiap-siagaan, Dinsosnaker Kabupaten Wajo menurutnya telah menyiapkan sarana dan prasarana untuk melakukan evakuasi terhadap warga yang akan mengungsi.

"Untuk tanggap darurat, kami saat ini menyiagakan Tim Siaga Bencana (Tagana) untuk melakukan evakuasi warga yang terendam. Selain itu kami juga siapkan semua perlatan seperti tenda, perahu karet, dan peralatan dapur umum serta tenaga evakuasi," kata Syahran.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan, pemerintah akan menyiapkan bantuan berupa bambu untuk dijadikan sebagai penyanggah rumah dan penghalang enceng gondok untuk mengantisipasi kerusakan rumah warga akibat banjir.

"Selain itu bambu juga akan dijadikan sebagai jembatan untuk menjangkau lokasi yang tidak terendam sekaligus sebagai jembatan bagi warga yang terendam banjir," katanya.

Saat ini, kata Sahran, lokasi banjir terdapat di Kecamatan Belawa, Tanasitolo, Tempe, Sabbangparu dan Pammana. Kendati demikian menurutnya banjir masih bisa diatasi oleh masyarakat setempat.

Sementara itu pantauan SINDO, aktivitas lalulintas di jalan poros Sengkang, di Keluarahan pincengpute Kecamatan Tanasitolo terganggu akibat banjir. Debit air mencapai 30 cm di atas badan jalan.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6800 seconds (0.1#10.140)