Sultan Kutai restui pencalonan keluarga kerajaan

Selasa, 23 April 2013 - 14:18 WIB
Sultan Kutai restui pencalonan keluarga kerajaan
Sultan Kutai restui pencalonan keluarga kerajaan
A A A
Sindonews.com - Kesultanan Kutai Ing Martadipura, atau yang biasa dikenal dengan Kerajaan Kutai, merestui jika ada anggota keluarga mereka yang dicalonkan menjadi calon Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim).

Apalagi sudah ada komunikasi politik dari beberapa tokoh yang menghendaki ada keluarga kerajaan tertua di Indonesia ini untuk maju memimpin Kaltim.

Hal ini dikatakan oleh anggota keluarga kesultanan Kutai, Ari Firnanda kepada Sindonews. Menurutnya, untuk Pilgub Kaltim kali ini, banyak pihak yang meminta keterlibatan pihak kesultanan dalam membangun Kaltim. Terlebih masa kejayaan Kaltim dahulu merupakan andil besar Kesultanan Kutai.

"Ini merupakan respon atas tawaran agar Kesultanan Kutai ikut terlibat membangun Kaltim, dalam posisi sebagai pemimpin. Tawaran tersebut akhirnya dibahas dalam rapat keluarga dan mendapat persetujuan," kata Ari Firnanda, Selasa (23/4/2013).

Sultan Kutai, Aji Muhammad Sholehuddin, dikatakan merespon sangat baik tawaran tersebut. Meski belum bisa dipastikan siapa dari pihak kesultanan yang dicalonkan, namun restu ini tentu sinyalemen kuat jika Kesultanan Kutai terlibat penuh sebagai calon Gubernur maupun Wakil Gubernur Kaltim.

"Kami (keluarga kesultanan) berharap banyak dari pencalonan ini, karena kesultanan hanya dilihat sebagai simbol budaya. Dengan pencalonan ini, kali ini bisa ikut terlibat membangun kaltim secara penuh," tambah Ari yang merupakan cucu Sultan Kutai.

Tokoh politik yang melakukan komunikasi intensif dengan kesultanan adalah anggota DPRD Kaltim asal PDIP, Sudarno. Pihak kesultanan bisa dipastikan akan maju bersama Sudarno untuk Pilgub Kaltim yang akan diselenggarakan bulan September 2013 mendatang.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5113 seconds (0.1#10.140)