Dicopot, Mantan Pangdam: Inilah jiwa korsa!

Rabu, 10 April 2013 - 19:24 WIB
Dicopot, Mantan Pangdam: Inilah jiwa korsa!
Dicopot, Mantan Pangdam: Inilah jiwa korsa!
A A A
Sindonews.com - Setelah serah terima jabatan Pangdam IV Diponegoro, mantan Pangdam Mayjen TNI Hardiono Suroso tetap mengapresiasi 11 prajurit Kopassus yang diduga melakukan penyerangan Lapas Cebongan.

Kebanggaan itu, ujar Hardiono, adalah sebagai prajurit, ia telah mempertaruhkan karir, pangkat dan jabatan saya kepada 11 prajurit tersebut.

"Itulah bentuk solidaritas yang tidak tergoyahkan, jiwa korsa seperti itu, di seluruh dunia tentara lahir dari negaranya hanya satu, menjaga kedaulatan negaranya, jadi wujud jiwa korsanya hampir sama," tegas jenderal bintang dua itu usai acara pisah sambut Pangdam IV/ Diponegoro di Makodam IV/Diponegoro, Jalan Perintis Kemerdekaan, Semarang, Rabu (10/4/2013).

Terkait pernyataannya beberapa jam usai peristiwa penyerangan Lapas Cebongan yang menyatakan tidak ada keterlibatan anggotanya dan siap bertanggung jawab, Hardiono mengatakan tak lama setelah kejadian ia sudah cek anggotanya.

"Saya apel komandan satuan, jadi saya bisa langsung cek hari itu juga, selalu up date informasi dan pelakunya saya tidak tahu karena masih penyelidikan, kalau memang itu terjadi ya itu tanggung jawab saya sebagai panglima," tambahnya.

Hardiono juga berharap agar polemik seputar kasus cebongan itu selesai. Ia menyatakan beberapa analisa yang terlontar, tidak tepat.

"Saya sendiri melihat rekaman CCTV (Closed Circuit Television) di. Hugos Cafe itu, anggota saya (Sertu Santosa) sedang bertugas di sana, " paparnya.

Sebagai prajurit, Hardiono juga mengaku apresiatif dengan kejujuran dan jiwa ksatria 11 oknum penyerang itu.

"Saya dari Letnan Dua hingga Kolonel, saya sering ikut operasi, ada beberapa anggota saya yang gugur, saya sering autopsi sendiri, ada beberapa butir peluru di tubuhnya, jadi bukan dianiaya, itulah kehormatan prajurit," ujar dia.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6688 seconds (0.1#10.140)