IPW pertanyakan keseriusan Polri usut penyerangan Lapas Cebongan

Sabtu, 30 Maret 2013 - 09:34 WIB
IPW pertanyakan keseriusan Polri usut penyerangan Lapas Cebongan
IPW pertanyakan keseriusan Polri usut penyerangan Lapas Cebongan
A A A
Sindonews.com - Indonesia Police Watch (IPW) mempertanyakan keseriusan Polri dalam mengusut kasus penyerbuan yang dilakukan 17 pasukan siluman ke Lapas Cebongan, Sleman. Sebab, sudah seminggu lamanya Polri belum juga membuat dan mempublikasikan sketsa wajah dan sketsa pasukan bertopeng yang membantai empat tahanan tersebut.

"Jika Polri tak kunjung membuat sketsa tersebut, IPW berharap, Tim Invetigasi Mabes TNI AD segera membuat dan mempublikasikan sketsa wajah dan sketsa pasukan penyerbu. IPW memberi apresiasi bagi Mabes TNI AD yang membentuk tim investigasi untuk mengusut kasus penyerbuan pada Sabtu 23 Maret 2013 dini hari lalu itu," ujar Ketua Presidium IPW Neta S Pane kepada Sindonews, Sabtu (30/3/2013).

Menurut Neta, sikap TNI AD yg membentuk tim investigasi ini bisa dipahami karena setelah penyerbuan itu banyak tudingan negatif diarahkan ke TNI dan menjadi tugas tim ini untuk mengusut serta mengklarifikasinya. Diharapkan, tim investigasi itu tidak hanya mencari tahu siapa pasukan terlatih yang menyerbu Lapas Cebongan.

Lebih dari itu, lanjutnya, tim juga harus mencari tahu siapa Sertu Santoso, kenapa dia ada di Hugos Cafe, apa peranannya di Hugos Cafe, dan kenapa dia dikeroyok hingga tewas. "Betulkah pelaku pengeroyokannya hanya empat orang yang dibantai di Lapas Cebongan itu. Sebab beredar isu, pelaku pengeroyok Sertu Santoso ada tujuh orang dan tiga lagi belum tertangkap polisi. Siapa mereka?," tandas Neta.

Ia menambahkan, semua itu harus segera diungkap Tim Investigasi Mabes TNI AD secara tuntas. Diharapkan juga hasilnya segera diumumkan ke publik dan diserahkan ke Polri agar bisa diusut tuntas secara hukum.

"Siapa pun yang terlibat dalam kasus penyerbuan Lapas Cebongan dan pengeroyokan Sertu Santoso harus diproses ke pengadilan," tegasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6936 seconds (0.1#10.140)