Calon haji Wajo bisa berangkat 20 tahun lagi

Jum'at, 22 Maret 2013 - 16:22 WIB
Calon haji Wajo bisa berangkat 20 tahun lagi
Calon haji Wajo bisa berangkat 20 tahun lagi
A A A
Sindonews.com - Departemen agama (Depag) Wajo mengklaim daftar tunggu calon Jemaah Haji ( CJH ) Wajo menduduki peringkat pertama se Indonesia. Hingga hari ini, daftar tunggu CJH yang terdaftar di Depag mencapai 9.000 orang.

"Dalam satu bulan rata-rata 300 orang pendaftar, sementara kouta haji untuk Kabupaten Wajo hanya 403 orang pertahun," kata Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Depag Wajo M Suhdi Malik kepada SINDO, Jumat (22/3/2013).

Menururtnya, untuk jumlah sebanyak itu maka dipastikan pendaftar terakhir akan berangkat 20 tahun kemudian. "Jadi kalau daftar ini hari harus nunggu 20 tahun untuk berangkat haji," katanya.

Ditanya mengenai upaya Depag untuk mengatasi persoalan tersebut, Suhdi mengaku pihaknya selalu mengusulkan penambahan kouta untuk daftar tunggu Wajo.

"Tiap tahun kita selalu mengusulkan penambahan kouta," katanya.

Selain, itu untuk pendaftar yang udah usia lanjut ada prioritas yang ditetapkan di luar kouta. "Sepeti tahun lalu ada 10 orang lansia yang berangkat, usia mereka 87 tahun," katanya.

Kendati demikian, untuk tahun ini pihaknya belum bisa memastikan, apakah akan ada penambahan kouta atau tidak.

"Yang jelas yang akan berangkat tahun ini adalah pendaftar tahun 2008 bulan empat sampai bulan delapan," katanya.

Sementara itu anggota Komisi III DPRD Wajo, Husniaty mengatakan, salah satu soslusi untuk mengurangi daftar tunggu setiap tahunnya adalah dengan penambahan kouta.

"Dan saat inikan selalu ada penambahan," katanya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6538 seconds (0.1#10.140)