Inilah pohon ulin terbesar di dunia

Rabu, 20 Maret 2013 - 09:00 WIB
Inilah pohon ulin terbesar di dunia
Inilah pohon ulin terbesar di dunia
A A A
Sindonews.com - Taman Nasional Kutai ternyata memiliki keistimewaan tersendiri yang tak diketahui banyak orang. Di dalam hutan tersebut, diketahui terdapat pohon ulin terbesar di dunia.

Letak pohon ulin tersebut berada di Sangkima, masuk wilayah Kutai Timur. Di sini disediakan lokasi bagi wisatawan untuk menikmati keindahan alam hutan hujan tropis dataran rendah.

Pohon ulin raksasa tersebut memiliki diameter dua meter. Butuh tujuh orang saling berpegangan tangan untuk mengelilingi pohon ini.

Dari bagian depan kawasan Sangkima, pengunjung harus menyusuri trek yang terbuat dari kayu sepanjang 800 meter untuk sampai di pohon ulin raksasa.

"Pohon ulin ini sangat monumental, terbesar di dunia. Ini monumen hidup pohon ulin yang bisa kita saksikan hingga sekarang," kata Kepala Balai Taman Nasional Kutai, Erly Sukrismanto, Rabu (20/3/2013).

Meski begitu, ada hal yang sangat disayangkan dari pohon ulin tersebut. Menurut Erly, bagian atas pohon ulin tersebut tersambar petir, hingga terpotong.

"Meski begitu, untungnya pohon besar ini masih tetap hidup," jelasnya.

Tak pelak hal monumental ini dijadikan Balai Taman Nasional Kutai sebagai salah satu destinasi wisata bagi yang hendak berkunjung ke wilayah tersebut. Menurut pengakuannya, bahkan banyak pengunjung atau wisatawan yang sengaja datang hanya untuk sekadar mengetahui pohon ulin terbesar di dunia tersebut.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7175 seconds (0.1#10.140)