Alat PKB primitif, Dishub minta dipindah

Kamis, 14 Maret 2013 - 17:02 WIB
Alat PKB primitif, Dishub minta dipindah
Alat PKB primitif, Dishub minta dipindah
A A A
Sindonews.com - Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo menilai tempat Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) miliknya sudah tidak layak. Selain sudah tidak mampu menampung kendaraan, peralatan uji KIR juga kurang canggih.

Akibat sempitnya areal uji KIR, tiap hari tampak antrean kendaraan sampai ke ruas jalan depan Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Jalan Raya Gelam, Candi. Bahkan, menjelang hari libur, terutama hari Jumat kendaraan sampai berderet dua baris di ruas jalan.

Kepala Dishub Sidoarjo HM. Husni Thamrin mengatakan untuk pembangunan lokasi PKB baru di Jalan Lingkar Timur menunggu kucuran dana dari pemerintah pusat. Sedangkan untuk pematangan lahan (pengurukan,red) akan didanai oleh Pemprov Jatim dan Pemkab Sidoarjo.

"Kalau untuk lahannya sudah disiapkan sekitar 3,7 hektare di Jalan Lingkar Timur," tegasnya.

Sayangnya, dalam APBD 2013 ini tidak dianggarkan dana untuk pengurukan lahan itu. Sehingga, pembangunan PKB belum bisa dilakukan oleh pemerintah pusat. Husni Thamrin berharap agar dalam tahun ini ada alokasi dana dari Pemprov Jatim dan Pemkab Sidoarjo.

Husni Thamrin menegaskan, jika tempat PKB sudah dipindah ke Jalan Lingkar Timur Sidoarjo, pelayanan uji KIR akan lebih maksimal. Selain areal yang cukup luas, juga akan didukung dengan peralatan yang memadai sesuai standar nasional.

Selama ini peralatan uji kir milik Dishub Sidoarjo, sudah kalah canggih dengan peralatan uji kir milik daerah lain. Padahal, tiap tahunnya PAD dari uji kir cukup besar. Tahun 2012 lalu saja, dari target Rp2,5 miliar terlampaui mencapai Rp 3,2 miliar.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9024 seconds (0.1#10.140)
pixels