Ratusan orang ikut seleksi sensus pertanian

Kamis, 14 Maret 2013 - 14:29 WIB
Ratusan orang ikut seleksi...
Ratusan orang ikut seleksi sensus pertanian
A A A
Sindonews.com – Sebanyak 660 peserta ikut ambil bagian dalam seleksi petugas sensus atau pencacah pertanian di Kantor Badan pusat Statistik (BPS) Kulonprogo. Seleksi sudah berlangsung sejak, Rabu (13/3/2013) dan akan berakhir Jumat (15/3/2013).

Kepala Seksi Statistik Produksi BPS Kulonprogo Sutrisno mengatakan, dari 660 peserta yang mengikuti seleksi, BPS hanya akan mengambil 624 orang saja sebagai pencacah pertanian. Mereka akan dibagi untuk bertugas di 12 kecamatan di Kulonprogo.

“Pencacahannya atau sensus mulai 1-31 Mei,” kata Sutrisno, Kamis (14/3/2013).

Dia menjelaskan, pada tahap pertama seleksi meliputi seleksi administrasi. Di mana pendaftar yang diloloskan adalah mereka yang mengantongi ijazah minimal Sekolah Menengah Atas.

Selain itu, jika pendaftar berstatus ibu rumah tangga maka diharuskan melampirkan izin dari suami untuk menjadi pencacah.

“Yang ijazahnya hanya SD, otomatis tidak lolos. Kemudian yang ibu rumah tangga, jika tidak dilengkapi izin dari suami juga tidak diloloskan. Seteah itu, baru dilanjutkan dengan seleksi kedua dan ketiga berupa wawancara,” kata dia.

Dalam wawancara ini, pendaftar juga diminta membuat pernyataan kesediaan meluangkan waktu minimal lima jam dalam sehari untuk mencacah. Hasil seleksi baru akan diumumkan pada tanggal 20 Maret mendatang.

Setelah itu, pendaftar yang lolos akan dilatih selama tiga hari di BPS Provinsi.
Pelatihan untuk pencacah dari Kulonprogo digelar mulai 1-13 April. Dibagi dalam 31 kelas dan berlangsung dalam enam gelombang.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0872 seconds (0.1#10.140)