Kecamatan Mamuju akan menjadi kota

Jum'at, 08 Maret 2013 - 16:14 WIB
Kecamatan Mamuju akan menjadi kota
Kecamatan Mamuju akan menjadi kota
A A A
Sindonews.com - Dalam waktu dekat, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan berkunjung ke Kecamatan Mamuju untuk melakukan sosialisasi pergantian status Mamuju menjadi kota.

Asisten I Pemprov Sulbar Jamil Barambangi, mengungkapkan, Kemendagri akan segera melakukan sosialisasi perubahan status Mamuju sebagai ibukota Sulbar. Keputusan ini setelah Pemprov Sulbar melakukan pertemuan terkait pembentukan kotamadya.

"Kemendagri akan datang ke Mamuju dan menjelaskan soal mekanisme perubahan status Mamuju dari Kecamatan menjadi kota. Waktu tepatnya belum ada, namun yang pasti pada tahun ini. Sebab realisasi perubahan itu pada tahun 2014," kata Jamis di kantornya, Jumat (8/3/2013).

Pembentukan kota Mamuju, lanjutnya, merupakan hal yang mendesak. Apalagi pemerintah pusat sudah menetapkan bahwa tidak boleh provinsi yang ibukotanya masih berstatus kecamatan ataupun kabupaten.

Sulbar diatur oleh Undang-Undang Nomor 26/2004 tentang pembentukan provinsi Sulbar menjadi daerah otonom. Karena itu, pembentukan kotamadya sangat penting.

Pemprov Sulbar dan Pemkab Mamuju sudah mengkaji pembentukan kota Mamuju, setelah Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), dengan Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri.

Jika kota terbentuk, maka Kabupaten Mamuju akan bergeser ke arah utara. Yakni ke wilayah Kecamatan Kalukku atau Kecamatan Papalang.

Bupati Mamuju Suhardi Duka, mengatakan, ibukota Kabupaten Mamuju rencananya akan kembali ke Desa Tasiu Kecamatan Kalukku. Beberapa kecamatan yang akan bergabung antara lain Papalang dan Sampaga.

"Kecamatan Tapalang dan Tapalang Barat yang letaknya disebelah Selatan bakal kota tetap statusnya," kata Suhardi.

Saat ini Pemkab Mamuju masih fokus pada Mateng. Terutama soal pengisian pegawai dan administrasi lainnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5186 seconds (0.1#10.140)