Cegah kebakaran, wali kota atur instalasi listrik

Jum'at, 01 Maret 2013 - 16:32 WIB
Cegah kebakaran, wali kota atur instalasi listrik
Cegah kebakaran, wali kota atur instalasi listrik
A A A
Sindonews.com - Maraknya kebakaran yang disebabkan korsleting listrik membuat Pemerintah Kota Samarinda, Kalimantan Timur perlu membuat aturan instalasi listrik di pemukiman.

"Angka kebakaran di Samarinda cukup tinggi, kebanyakan akibat instalasi listrik yang salah. Untuk itu kita buatkan Perwali (Peraturan Wali Kota) untuk mengatur ini semua," kata Wakil Walikota Samarinda Nusyirwan Ismail usai memimpin upacara peringatan hari Pemadam Kebakaran ke-94 di GOR Segiri, Samarinda, Jumat (1/3/2012).

Perwali ini nantinya akan melibatkan Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia (AKLI) untuk membantu masyarakat agar instalasi listrik di rumahnya sesuai standar keamanan.

AKLI ini nanti yang bekerjasama dengan aparat keluarahan dan RT untuk mencari kawasan dengan instalasi listrik tidak standar.

"Mudah-mudahan nanti Perwali ini bisa ditingkatkan menjadi Perda," kata Nusyirwan.

Ia menambahkan, di Samarinda termasuk banyak pemukiman warga yang padat dengan instalasi listrik. Kebanyakan instalasi yang semrawut berada di rumah sewaan seperti bangsalan dan kos-kosan.

"Kita akan rutin lakukan uji petik di lokasi seperti ini. Langsung kita tegur dan kita minta AKLI untuk memperbaikinya," tambahnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6863 seconds (0.1#10.140)