Miskin, ribuan rumah tanpa listrik

Kamis, 28 Februari 2013 - 09:32 WIB
Miskin, ribuan rumah tanpa listrik
Miskin, ribuan rumah tanpa listrik
A A A
Sindonews.com - Ribuan rumah di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, tanpa penerangan listrik. Warga mengaku tak kuat menyambung langsung ke PLN karena biayanya yang mahal.

Kondisi seperti ini, membuat sebuah yayasan terketuk hatinya untuk bisa memasang listrik secara gratis dirumah warga yang hidupnya di bawah garis kemiskinan.

Tidak ada yang menyangka, di jaman serba modern seperti sekarang ini masih ada rumah tanpa penerangan listrik. Kalaupun terpasang, mereka menyalur ke rumah warga lainnya yang memang sudah teraliri listrik.

Tidak terpasangnya aliran listrik di rumah warga ini, karena mereka tak mampu membayar biaya pemasangan listrik sebesar Rp1,2 juta.

Harga tersebut cukup mahal bagi warga Desa Kincang Wetan, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun yang berprofesi sebagai buruh tani dan buruh bangunan.

"Bagaimana mau masang listrik, buat makan saja kesulitan," tukas Sumiran warga Desa Kincang Wetan, Kamis (28/2/2013).

Kondisi seperti ini, mengetuk Yayasan Terang Untuk Bangsa memberikan bantuan memasang aliran listrik secara gratis. Tak tanggung-tanggung, sebanyak 4.000 lebih rumah warga miskin di Kabupaten Madiun, mendapat pemasangan listrik secara gratis.

Menurut Ketua Yayasan Terang Untuk Bangsa Iwan Susanto, anggaran pemasangan listrik gratis di peroleh dari CSR sejumlah perusahaan, donatur para relawan, serta dana pribadinya.

"Tujuan kami tidak muluk-muluk, kami ingin masyarakat miskin juga bisa menikmati listrik," pungkasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6792 seconds (0.1#10.140)