Kulonprogo benahi 221 rumah kumuh

Minggu, 24 Februari 2013 - 15:19 WIB
Kulonprogo benahi 221 rumah kumuh
Kulonprogo benahi 221 rumah kumuh
A A A
Sindonews.com – Kabupaten Kulonprogo berhasil memperbaiki 221 rumah tidak layak huni (RTLH) menjadi rumah layak huni, pada 2012 lalu. Dari jumlah tersebut, tak satu pun diperbaiki menggunakan dana APBD. Seluruh perbaikan rumah dilakukan bergotongroyong bersama masyarakat.

Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo mengatakan, perbaikan RTLH dilakukan secara rutin setiap hari minggu melalui kegiatan bedah rumah. Keberhasilan memperbaiki 221 rumah, kata dia, menunjukan tingginya kepedulian masyarakat kepada warga lain yang kurang mampu.

“Keberhasilan ini cukup membanggakan dan perlu dipelihara. Bagaimana pun semangat gotongroyong untuk membantu masyarakat kurang mampu harus terus dipupuk,” kata Hasto, saat membedah rumah milik Slamet di Pedukuhan Sebokarang, Triharjo, Wates, Minggu (24/2/2013).

Rumah Slamet yang dibedah memperoleh bantuan Rp10 juta dari Paguyuban Pengentasan Masalah Sosial dan Kemiskinan Kulonprogo. Bantuan untuk menyelesaikan pembangunan rumah yang sudah mencapai 65 persen diserahkan salah satu pengurusnya Wuryanto.

Hasto berpesan, agar pemilik rumah tekun dan bekerja keras serta hidup hemat setelah pembangunan rumah selesai. Hasto menegaskan, hidup bias sukses bukan karena mampu memperoleh pendapatan besar, melainkan jika mampu mengatur pendapatan.

“Harus bisa hemat, sederhana tapi tidak pelit,” katanya.

Camat Wates Sri Utami mengatakan, di awal tahun 2013 sudah ada empat unit rumah dibedah. “Sudah ada empat rumah termasuk rumah milik Slamet,” katanya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.2734 seconds (0.1#10.140)