Kerap kebanjiran, SD Muhammadiyah 4 ditinggikan

Sabtu, 16 Februari 2013 - 13:11 WIB
Kerap kebanjiran, SD Muhammadiyah 4 ditinggikan
Kerap kebanjiran, SD Muhammadiyah 4 ditinggikan
A A A
Sindonews.com - Karena kerap terendam banjir, akhirnya pihak SD Muhammadiyah 4 Kota Samarainda meninggikan seluruh ruang kelas. Langkah ini untuk mengantisipasi banjir yang membuat kegiatan belajar diliburkan.

"Untuk mengantisipasi agar murid tidak selalu diliburkan, kami meninggikan ruang kelas. Jadi proses belajar mengajar tidak terhenti karena banjir," kata staf SD Muhammadiyaj 4 Samarinda, Juwari, Sabtu (16/2/2012).

Konsekuensi meninggikan lantai membuat jarak lantai dengan langit-langit kelas menjadi pendek. Namun hal ini tidak mengganggu proses belajar mengajar.

"Proses pembangunannya sedang berjalan. Kelas yang sering terkena banjir kita tinggikan, siswanya sementara kita pindahkan ke ruang lain seperti perpustakaan," tambahnya.

Meski kelas sudah ditinggikan, namun halaman sekolah masih tetap tergenang air jika banjir datang. Meski demikian proses belajar mengajar di kelas tidak terganggu.

"Kalau banjir datang pagi hari sebelum jam masuk kelas, maka biasanya sekolah diliburkan. Tapi kalau banjir datang setelah belajar dimulai, belajar mengajar tetap dilanjutkan," kata Juari.

Tidak hanya sekolah, sejumlah warga yang rumahnya sering tergenang banjir juga ikut meninggikan rumahnya. Jika rumah dibangun permanen, maka lantainya ditinggikan. Jika rumah terbuat dari kayu, maka pondasi rumah ditinggikan.

Kota Samarinda termasuk sering dilanda banjir. Hujan lebat lebih dari dua jam, biasanya sejumlah kawasan langganan banjir akan tergenang.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5326 seconds (0.1#10.140)