Sidoarjo tunggu kepastikan pembangunan TPST

Kamis, 07 Februari 2013 - 16:47 WIB
Sidoarjo tunggu kepastikan pembangunan TPST
Sidoarjo tunggu kepastikan pembangunan TPST
A A A
Sindonews.com - Hingga kini Pemerintah Kabupaten (Pemkab ) Sidoarjo masih menunggu kepastikan pemerintah pusat untuk pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST).

Padahal Pemkab Sidorajo sudah menyediakan lahan seluas 16 hektare di Desa Kebonagung, Kecamatan Porong.

"Kalau untuk lahan kita sudah siap. Tapi sampai sekarang belum ada kabar kapan mulai digarap," ujar Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Sidoarjo, Syafik di kantornya, Kamis (7/2/2013).

Meski demikian, Syafik meyakini jika sesuai rencana TPST akan dibangun tahun ini. Pihaknya akan menanyakan lagi ke pemerintah pusat kapan mulai dibangun.

Anggaran untuk pembangunan TPST diperkirakan menelan Rp200 miliar yang bersumber dari pemerintah pusat yang bekerjasama dengan Jerman.

Bukan hanya itu, TPST juga akan memberi keuntungan besar bagi lingkungan sekitarnya. Pasalnya, air lindi yang keluar dari sampah akan diolah menjadi gas metan sebagai sumber bahan bakar untuk kebutuhan sehari-hari.

Proses pengolahan sampah ini, dilengkapi komposter dan mesin penangkap gas metana diubah menjadi energi listrik dan pengganti gas elpiji. Rencananya, listrik yang dihasilkan akan dikerjasamakan dengan Perusahaan Listrik Negara (PT PLN).

Setiap hari diperkirakan TPST tersebut akan menghasilkan listrik sebanyak 7 ribu Mega watt. Total jumlah sampah yang dibuang masyarakat Sidoarjo mencapai 800 meter kubik per hari.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3603 seconds (0.1#10.140)