Dede Yusuf kepincut ayam Sentul

Kamis, 31 Januari 2013 - 18:50 WIB
Dede Yusuf kepincut ayam Sentul
Dede Yusuf kepincut ayam Sentul
A A A
Sindonews.com - Upaya Himpunan Peternak Unggas Lokal Indonesia (Himpuli) Ciamis yang melestarikan ayam lokal Sentul mendapat apresiasi Wakil Gubernur Jawa Barat (Wagub Jabar) Dede Yusuf.

Saat mengunjungi Pusat Pelatihan Unggas Lokal Ciamis milik Himpuli, Dede memberi apresiasi upaya Himpuli dalam melestarikan ayam lokal Ciamis yaitu ayam sentul.

“Padahal banyak unggas di Indonesia yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Setelah domba garut ada ayam sentul, tentunya juga menjadi kebanggan nasional. keberadaan ayam lokal masih sangat dibutuhkan masyarakat, sehingga peluang usahanya juga masih terbuka lebar,” tambahnya, Kamis (31/1/2013).

Dalam kesempatan itu, Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf juga dinobatkan sebagai Duta Ayam Sentul Ciamis oleh Himpuli Kabupaten Ciamis. Diharapkan dengan status tersebut, dapat lebih mempopulerkan dan mengkampanyekan keberadaan ayam lokal hingga tidak tersingkir oleh ayam impor.

Ketua Himpuli Kabupaten Ciamis Nur Muttaqin menyebutkan, Ayam sentul yang merupakan keturunan dari ayam Ciungwanara, saat ini masih tetap dipertahankan keasliannya. Di Ciamis terdapat lima jenis ayam sentul sesuai dengan warna bulu yang dominan, yakni emas, geni, kelabu, debu dan batu.

“Ayam sentul Ciamis merupakan turunan dari ayam Ciungwanara. Ayam sentul sebagai galur asli Ciamis. Nantinya juga bakal dijadikan sebagai salah satu ikon ayam khas Ciamis,” kata Nur Muttaqin.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5152 seconds (0.1#10.140)