Puluhan sapi di enam desa mati mendadak

Sabtu, 19 Januari 2013 - 17:04 WIB
Puluhan sapi di enam desa mati mendadak
Puluhan sapi di enam desa mati mendadak
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 95 ekor sapi Timor milik warga enam Desa di Kecamatan Musi, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur, mati secara mendadak. Peristiwa itu membuat 58 warga pemilik sapi panik karena telah merugi.

Belum diketahui secara pasti penyebab matinya puluhan ternak warga di Kecamatan itu, namun diduga karena daya tahan tubuh menurun akibat peralihan musim panas ke musim hujan.

Camat Musi Alexander Tabesi mengatakan, matinya sapi tersebut sudah berlangsung dalam satu pekan terakhir ini. Sementara ini pihak kecamatan sudah berhasil mengidentifikasi jumlah ternak warga yang mati mendadak.

“Warga tidak melaporkan jumlah sapi yang dilepas di padang kepada petugas peternakan untuk divaksinasi, warga hanya melaporkan jumlah ternak yang diikat saja,” terang Alex Tabesi ketika dihubungi, Sabtu, (19/01/2013).

Data yang berhasil dihimpun pihak kecamatan, terdapat 95 ekor sapi mati yang tersebar di enam desa, yakni Desa Oetulu 34 ekor, Desa Oeolo 24 ekor, Desa Oelneke 22 ekor, Desa Batnes (7), serta Desa Bisafe dan Desa Ainan masing-masing 4 ekor.

Tambah Tabesi, Selain ternak sapi warga, ada ternak lain seperti babi juga ikut menjadi korban dengan hasil rincian dilapangan berkisar 60 ekor.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7007 seconds (0.1#10.140)