Penyidik polisi harus strata satu

Senin, 07 Januari 2013 - 13:47 WIB
Penyidik polisi harus...
Penyidik polisi harus strata satu
A A A
Sindonews.com - Untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas, kedepan tim penyidik di kepolisian harus menyelesaikan studi hingga meraih gelar strata satu (S1).

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulsel Inspektur Jenderal (Irjen) Mudji Waluyo mengatakan hal itu tertuang dalam peraturan pemerintah (PP) nomor 58 tahun 2010, pengganti dari PP nomor 7 tahun 1983.

"Sekarang penyidik itu harus Ipda dan harus memiliki ilmu strata satu," kata Mudji pada wartawan di Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Jalan Urip Sumiharjo, Senin (7/1/2013).

Mudji menjelaskan bahwa, keilmuan yang dimiliki untuk mengikuti strata satunya tidak mesti harus pengetahuan hukum.

"Ketentuan itu akan berlaku secara total tahun 2014 mendatang, untuk itu Polda Sulsel mempersiapkan para anggotanya untuk mengikuti sekolah," kata dia.

Kapolda Sulsel melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Hasanuddin (Unhas) di SPN Batua sekitar pukul 09.00 wita, untuk menyekolahkan 100 anggota Brigadirnya dalam rangka meraih S1.

Dalam penandatanganan nota kesepahaman tersebut, dihadiri beberapa pejabat utama Polda Sulsel seperti Wakapolda Sulsel Syahrul Mamma.

Untuk itu, kata Jenderal bintang dua ini, bahwa tahap pertama kami siapkan 100 brigadir untuk sekolah.

"Nanti sekolah mereka Sabtu Minggu, dan setelah selesai kuliah akan di disekolahkan pada sekolah perwira," pungkasnya.

Sementara itu, Prof Aswanto yang juga dekan fakultas hukum yang mewakili Unhas mengatakan, bahwa kerja sama ini dalam rangka peningkatan kapasitas.

"Perbaikan kapasitas dan sumberdaya penyidik di Kepolisian," kata dia saat di temui ditempat yang sama.

Dia juga mengatakan bahwa Polda akan memberikan beasiswa pada 100 anggotanya yang berpangkat brigadir untuk melanjutkan studinya di Unhas.
"Pak Kapolda memerikan beasiswa, untuk melanjutkan kuliah anggotanya," kata Aswanto yang juga pakar hukum ini.

Kendati demikian, dia menjelaskan bahwa Polda Sulsel hanya memberikan beasiswa untuk tahun pertama, selebihnya akan ditanggung mereka sendiri.

"Bisa saja mereka hanya kuliah hingga dua tahun, karena jika pangkat brigadir itu hampir sama denga Diploma tiga, tinggal SKSnya saja yang akan kita hitung," jelasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1604 seconds (0.1#10.140)