58 imigran Srilanka dievakuasi dari Medan

Jum'at, 09 November 2012 - 18:52 WIB
58 imigran Srilanka dievakuasi dari Medan
58 imigran Srilanka dievakuasi dari Medan
A A A
Sindonews.com – Sebanyak 15 petugas kepolisian dikerahkan mengawal keberangkatan 58 imigran asal Srilanka yang ditemukan terdampar di Pulau Nias menuju Karantina Belawan di Medan. 58 imigran itu diberangkatkan dengan menggunakan lima unit bis dari kantor imigrasi Sibolga.

58 imigran asal Srilanka yang terdampar di Pulau Nias Selasa 6 November lalu tiba Jumat (9/11) pagi sekitar pukul 07.00 WIB kemarin di Pelabuhan Sibolga dari Gunungsitoli, Pulau Nias dengan menaiki KMP Balanak milik PT Angkutan Sungai Danau dan Perairan (ASDP). Dari pelabuhan Sibolga selanjutnya diberangkatkan menuju kantor Imigrasi Belawan, Medan guna dilakukan pendataan.

Pantauan di lapangan, sebelum keberangkatan, para Imigran Srilanka itu terlebih dahulu di data di lantai dua kantor Imigrasi Sibolga sembari memberikan perlakuan sewajarnya berupa makan dan minum.

Petugas pendataan kantor imigrasi Sibolga, Iwan dalam keterangannya mengatakan, pihaknya akan langsung mengirimkan 58 imigran ini ke Karantina Belawan, Medan. Disana mereka akan ditangani lebih intensif terutama terhadap kesehatan masing-masing.

“Bagaimana selanjutnya, kita tidak tahu, apakah pihak imigrasi disana akan menyerahkan mereka ke Badan Dunia yang menangani pengungsi atau bagaimana,” ungkap Iwan.

Menurut Iwan, para imigran asal Srilanka ini terdampar karena kapal yang mereka tumpangi kehabisan bahan bakar minyak (BBM) dan kerusakan pada bagian mesin.

“Sedianya 58 imigran ini hendak bertolak menuju Pulau Christmas, Australia untuk mencari suaka politik,” tukasnya.

Sebelumnya, Pos Angkatan Laut (POSAL) Gunung Sitoli yang berada di bawah jajaran Pangkalan TNI AL (Lanal) Sibolga mengamankan ke 58 orang warga Srilanka terdampar di Pulau Wungga, Kecamatan Afulu, Kabupaten Nias Utara, Selasa lalu sekitar pukul 18.00 WIB.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3381 seconds (0.1#10.140)