Manjakan pemudik, Pemprov Jatim gelontorkan Rp1,95 M

Selasa, 31 Juli 2012 - 15:01 WIB
Manjakan pemudik, Pemprov Jatim gelontorkan Rp1,95 M
Manjakan pemudik, Pemprov Jatim gelontorkan Rp1,95 M
A A A
Sindonews.com - Menghadapi musim mudik Lebaran 2012, Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) gelontorkan Rp1,95 Miliar. Uang yang berasal dari APBD Jatim ini akan digunakan untuk membuat tempat peristirahatan bagi pemudik.

Kebijakan ini rutin dilakukan Pemprov Jatim demi keselamatan pemudik. Rencananya, tempat peristirahatan dibuat di jembatan timbang yang dimiliki Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim.

"Tahun ini, 20 Jembatan timbang di Jawa Timur akan difungsikan menjadi tempat istirahat bagi pemudik. Hal itu sudah dikesepakati antara dewan dan Dishub Jatim," kata Anggota Komisi D DPRD Jatim Irwan Setiawan, Selasa (31/7/2012).

Keputusan untuk memanfaatkan jembatan timbang sebagai peristirahatan karena karakter pemudik jawa timur yang cenderung naik sepeda motor. Padahal, mudik menggunakan Sepeda motor ini memiliki risiko kecelakaan cukup tinggi.

Banyaknya tempat istirahat ini, akan meminimalisir risiko kecelakaan di jalan raya. "Jembatan timbang akan mulai diaktifkan pada H-7 atau tujuh hari menjelang Lebaran hingga H +7 atau tujuh hari setelah Lebaran," kata Politikus Partai Keaadilan Sejahtera (PKS) ini.

Selain itu, dia juga minta kepada para pemudik untuk memanfaatkan tempat-tempat peristirahatan. Baik yang disediakan oleh pemerintah ataupun swasta. "Jangan sampai memaksakan diri melanjutkan berkendara meski terasa kelelahan," tukasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4873 seconds (0.1#10.140)