Warga Nganjuk krisis air bersih

Senin, 16 Juli 2012 - 10:29 WIB
Warga Nganjuk krisis air bersih
Warga Nganjuk krisis air bersih
A A A
Sindonews.com - Efek kemarau mulai dirasakan warga di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur (Jatim). Menurunnya intensitas hujan mengakibatkan warga mulai kesulitan air bersih.

Sejak beberapa hari terakhir, pemerintah setempat mulai membagikan bantuan air bersih kepada warga. Droping air bersih dilakukan petugas dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) bersama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di beberapa kecamatan yang kini mengalami krisis air bersih seperti di Desa Ngetos Kecamatan Ngetos, dan Desa Gampeng Kecamatan Ngluyu.

"Kiriman air bersih dilakukan tiap tiga hari sekali oleh petugas langsung ke rumah-rumah warga," ujar Suminem menjelaskan keada wartawan, Senin (16/6/2012).

Dalam jumlah tertentu warga mengumpulkan wadah air di depan rumah mereka atau di tepi-tepi jalan. Begitu datang, petugas langsung mengisi wadah-wadah air tersebut hingga penuh. Warga mengaku sudah mengalami krisis air bersih sejak dua bulan terakhir.

"Air bersih ini dipakai untuk masak dan minum. Kalau untuk mencuci dan mandi, kita masih pkai air sumur yang sedikit kotor," tandas Suminem.

Menurut warga, kesulitan air bersih seperti ini rutin dialami warga setiap tahun pada musim kemarau tiba. Namun sampai saat ini seolah tak pernah ada upaya penanggulangan krisis air bersih dari Pemerintah Kabupaten Nganjuk agar keadaan seperti tak terulang di tahun berikutnya.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5149 seconds (0.1#10.140)