Pasien miskin di Sidoarjo membludak

Kamis, 05 Juli 2012 - 10:09 WIB
Pasien miskin di Sidoarjo membludak
Pasien miskin di Sidoarjo membludak
A A A
Sindonews.com - Jumlah pasien yang berobat menggunakan Surat Keterangan Tanda Miskin (SKTM) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sidoarjo membludak. Rata-rata tiap bulan, rumah sakit milik Pemkab Sidoarjo itu menerima sekitar 11 ribu pasien.

Humas RSUD Sidoarjo Achmad Zainuri mengatakan mulai Januari sampai Juni, tiap bulannya rata-rata ada sekitar 11 ribu pasien yang menggunakan SKTM. Belum lagi pasien yang menggunakan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) atau Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas).

"Tapi untuk pasien yang menggunakam SKTM bisa dikatakan lebih banyak," ujar Zainuri menjelaskan kepada wartawan, Kamis (5/7/2012).

Pasien yang berobat menggunakan SKTM biayanya akan ditagihkan ke Pemkab Sidoarjo karena tidak masuk Jamkesda dan Jamkesmas. Untuk besaran biaya tergantung pengobatan yang diterima pasien.

RSUD Sidoarjo tidak bisa menolak pasien SKTM, karena sudah membawa surat miskin dari pihak berwenang. RSUD hanya menjalankan apa yang sudah menjadi kebijakan, jika pasien SKTM tetap dilayani dan biayanya gratis.

Zainuri menjelaskan, total pasien pengguna SKTM sampai Juni 2012 sebanyak 68.090 yang mendapat pelayanan kesehatan seperti Unit Gawat Darurat (IGD), Rawat Jalan (RJ), Rawat Inap (RI), peristi dan pengobatan lainnya.

"Kalau dilihat enam bulan terakhir rata-rata 11 ribu pasien pakai SKTM," tandasnya.

Pasien yang menggunakan SKTM tiap tahun ada kenaikan. Jika tahun 2010 pasien SKTM dan Jamkesda menghabiskan dana sekitar Rp16 miliar, untuk tahun 2011 ada lonjakan hampir seratus persen karena mencapai Rp29 miliar. RSUD akan menagih ke Pemkab Sidoarjo untuk biaya pengobatan pasien yang menggunakan SKTM.

Direktur RSUD Sidoarjo Eddy Koestantono mengakui jika pasien miskin semakin banyak. Untuk tahun 2010 sekitar Rp 16 miliar dan tahun 2011 mencapai Rp29 miliar atau sebanyak 71.390 pasien miskin.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4313 seconds (0.1#10.140)